Peraturan Permainan Rounders Lengkap

Peraturan Permainan Rounders Lengkap

Dalam setiap permainan tentu saja terdapat suatu peraturan yang mengikat bagi setiap pemainnya agar permainan berjalan dengan lancar. Seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu "Peraturan Permainan Rounders". Berikut ini penjelasannya.


Daftar isi:

1. Pemain
    1.1. Regu Pemukul
    1.2. Regu Lapangan
            1.2.1. Bowler
            1.2.3. Catcher
            1.2.4. Baseman
            1.2.5. Penangkap bola

1. Pemain

Permainan rounders dimainkan oleh 2 tim/regu, setiap regu jumlah anggotanya 9-12 orang pemain inti dan 6 pemain cadangan. Salah satu pemain menjadi kapten. Dalam permainan rounders, pemain dibedakan menjadi dua macam, yaitu regu pemukul dan regu lapangan

1.1. Regu Pemukul

Regu pemukul adalah regu yang mendapatkan giliran untuk memukul bola. Regu Pemukul berada di area bebas. Setiap pemain regu pemukul boleh memukul bola tiga kali. Giliran memukul bola dimulai dari pemukul nomor urut 1. Pada saat pukulan bola sudah baik atau benar, maka pemukul harus lari ke tempat hinggap (base 1), kemudian pemukul harus menyentuh base yang dilewatinya. Setelah itu, gantian giliran pemukul nomor urut 2 yang mencoba untuk memukul bola, begitupun untuk seterusnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini urutan urutan regu pemukul:

  1. Pemukul berada pada tempat yang tersedia.
  2. Urutan pemukul ditentukan dnegan nomor urut dari 1-12 (sesuai dengan jumlah anggota).
  3. Setiap pemain pemukul diberi kesempatan 3 kali memukul, tetapi jika hanya melakukan sekali pukulan atau dua kali pukulan tidak apa-apa dan boleh lari ke base pertama dan seterusnya.
  4. Pemukul pertama/ pelari pertama tidak boleh didahului oleh pemukul/pelari kedua, sehingga pemukul kedua juga tidak boleh didahului oleh pemukul ketiga.
  5. Pemukul harus lari jika pukulan baik atau setelah pukulan ketiga, meskipun pukulan terakhir jelek atau tidak kena.

1.2. Regu Lapangan

Regu lapangan adalah regu yang mendapatkan giliran untuk menjaga. Regu lapangan harus berusaha dengan secepat mungkin untuk mematikan regu pemukul supaya segera gantian menjadi regu pemukul.

Regu lapangan atau sisebut juga Regu penjaga berjumlah 4 orang untuk menjaga dekat base 1-2-3-4, diantaranya yaitu:

1.2.1. Satu orang penjaga menjadi pelambung (bowler).
Aturan bagi pelambung atau pelempar bola yaitu:

  • Melambungkan bola dari tempatnya dengan cara ayunan dari bawah ke tempat base V.
  • Selama persiapan melambung hingga bola terlepas dari tangan, harus berhubungan dengan tempatnya.
  • Tidak boleh melakukan gerakan tipuan.
  • Tidak boleh melakukan putaran pada tangan dan memutar lengannya lebih dari 360°. Sebelum bola dilambungkan.

1.2.3. Satu lagi berada di belakang pemukul (catcher) 

Catcher bertugas untuk menangkap bola jika pemukul tidak bisa mengenai bola. Tugas penjaga belakang adalah menangkap bola yang dilambungkan oleh pelempar bola, membakar, dan meng-tik.

1.2.4. Penjaga base (baseman)

Setiap penjaga base boleh mematikan setiap pelari dengan cara bola ditik/disentuhkan ke tubuh pelari. Penjaga Tempat Hinggap (Baseman) bertugas menjaga di setiap base atau tempat hinggap, ia diperbolehkan meng-tik dan membakar bola.

1.2.5. Penangkap bola (penjaga lapangan lainnya) 

Penjaga lainnya mengambil tempat di lapangan, yang kira-kira boleh mengarah di tempat tersebut. 

2. Bola Mati

Dalam permainan Rounders dikenal istilah 'Bola Mati', bola rounders dinyatakan mati apabila pemain penjaga melakukan dua hal yaitu: membawa bola dengan menginjak base (membakar) dan membawa bola lalu menyentuhkannya kepada pelari atau dikenal dengan meng-tik.

3. Hak Memukul

Berikut ini hak-hak dalam memukul bola yaitu:

  1. Setiap pemain (pemukul) berhak memukul bola sebanyak tiga kali. Namun, jika pukulan pertama atau kedua sudah baik atau benar, maka ia harus lari ke base pertama dan seterusnya.
  2. Jika pukulan ketiga juga salah, pemukul harus memukul lagi sampai pukulan benar atau sama sekali tidak kena. 
  3. Jika lambungan baik atau benar tidak dipukul, maka dinyatakan sudah memukul.


4. Pukulan Bola

Pukulan dalam permainan rounders dibagi menjadi dua macam, yaitu  pukulan benar dan pukulan salah. 

  1. Pukulan benar, pukulan dinyatakan benar jika: a) pukulan mengenai bola dan jatuh di tanah dalam garis batas, b) bola jatuh dalam sudut antara garis yang menghubungkan base IV dan base V atau antara base I dan base V. 
  2. Sedangkan Pukulan salah, yaitu pukulan dimana bola jatuh atau ditangkap pemain atau mengenai pemain yang berdiri di luar garis salah.


5. Lemparan Bola

Sama seperti pada pukulan bola, dalam lemparan bola juga dibagi menjadi dua macam, yaitu lemparan benar dan lemparan salah. Lemparan benar, ialah lemparan yang dikatakan benar jika bola jatuh tepat di atas basse V (home base) dengan ketinggian antara lutut dan bahu si pemukul saat berdiri tegak. Sedamgkan Lemparan salah, yaitu lemparan yang dikatakan salah jika tidak memenuhi syarat-syarat lemparan di atas. Apabila lemparan benar maka wasit akan berteriak “strike“, jika lemparan salah maka wasit akan berteriak “ball


6. Pelari

Beberapa peraturan bagi pelari dalam permainan rounders yaitu:

  • Setiap pelari harus berlari di luar garis lapangan.
  • Setia base (tiang hinggap) hanya boleh digunakan untuk berdiri oleh satu orang saja.
  • Pelari tidak boleh mendahului pelari yang ada di depannya.
  • Pelari yang sudah mati harus menyelesaikan perjalanannya sampai ke base V, karena dalam keadaan ini pelari masih dapat mati lagi.


7. Pemain Mati

Seorang pemain dianggap mati jika:

  • Tempat hinggap yang dituju sudah dibakar sebelumnya (mati 1).
  • Lari di dalam lapangan (mati 1).
  • Tidak menyentuh tempat hinggap yang dilaluinya (mati 1).
  • Di-tik sebelum hinggap (mati 1).
  • Kayu pemukul terlepas (mati 2).


8. Pergantian Bebas

Pergantian bebas akan dilakukan apabila sudah terjadi 6 kali mati atau 5 kali tangkap bola. Pergantian Pemain dalam rounders dilakukan jika: 

  • a) terjadi enam kali kesalahan yang dilakukan regu pemukul; dan 
  • b) lima kali bola tertangkap regu penjaga dalam satu inning.


9. Wasit

Wasit bertugas memimpin permainan rounders. Wasit didampingi tiga wasit pembantu (penjaga garis) dan satu wasit pembantu (pencatat nilai). Dalam rounders, wasit menggunakan peluit, suara, jari, dan lengan sebagai aba-aba kepada pemain. Beberapa hal yang dilakukan oleh seorang wasit dalam permainan ini, yaitu:

  • Wasit berteriak “strike” jika pukulan benar atau lemparan pelambung benar.
  • Wasit berteriak “ball” jika lemparan pelambung salah dan atau pemukul tidak memukul.
  • Setiap bola dilempar, wasit harus berteriak sesuai kriteria di atas.
  • Jika pelambung melakukan kesalahan sebanyak 5 kali saat melempar atau pemukul tidak memukul (terjadi “ball”), maka wasit berteriak “free walk” pada pemukul yang berarti pemukul bebas berjalan pada base pertama.

10. Lama Permainan

Lama permainan rounders ditentukan oleh inning (babak). Pengertian inning adalah satu kali menjadi regu pemukul dan satu kali menjadi regu lapangan.

Waktu Permainan rounders, terdapat tiga inning (babak). Ketentuannya, satu inning terdiri atas satu kali jaga dan satu kali memukul untuk setiap regu. Permainan rounders dinyatakan selesai jika setiap regu telah memperoleh giliran tiga kali menjadi regu pemukul dan jaga.


11. Nilai

Penilaian pada permainan rounders sebagai berikut:

  1. Nilai 2 jika pemain regu pemukul mampu memukul benar, kemudian menuju base I sampai base V dengan selamat (tidak dibakar baseman) atas pukulannya sendiri (home run).
  2. Nilai 1 jika pemain dari regu pemukul mampu memukul benar, tetapi di salah satu base, pemain tersebut berhenti dan menunggu pemukul lain melakukan pukulan sah untuk melanjutkan ke base V.
  3. Nilai 0 jika pemain dari regu pemukul melakukan pukulan benar, tetapi tidak berhasil mencapai salah satu base.
  4. Nilai 1 jika pemain regu penjaga mampu menangkap bola pukulan pemain regu pemukul.


Referensi: