Tugas dan Signal (Tanda-tanda) Wasit Woodball

Wasit dan linesman merupakan salah satu unsur yang penting dalam kelancaran pertandingan woodball. Maka dari itu wasit dan linesman dituntut untuk memiliki tingkat pemahaman yang cukup tinggi untuk memimpin suatu pertandingan.

Wasit adalah seorang yang memiliki wewenang untuk mengatur jalannya suatu pertandingan olahraga, dalam bertugas wasit juga dibantu oleh seorang linesman atau hakim garis yang sama-sama berperan dalam mengambil keputusan pada pertandingan.

Seorang wasit woodball harus memiliki stamina yang baik karena untuk 1 kali putaran permainan bisa memakan waktu kurang lebih 2 jam. Wasit secara keseluruhan harus mampu mengarahkan dan mengelola permainan hingga berjalan lancar. Wasit akan memberikan penilaian dan signal pelanggaran kepada pemain.

Ketika wasit mengumumkan tanda mulai, pemain harus memulai pertandingan sesuai dengan urutan bermain yang diatur oleh pengaturan atau dengan undian. Dalam hal pemain dalam pertandingan terlambat lima menit atau ditolak untuk bertanding setelah wasit mengumumkan start pertandingan, kwalifikasinya untuk bertanding dapat dibatalkan.



Tugas Wasit Woodball

Wasit Ketua
  1. Memahami praktek dan aturan pertandingan.
  2. Menunjuk wasit-wasit untuk pertandingan dan memperhatikan hal-hal khusus untuk diperhatikan.
  3. Mengawasi wasit dalam menjatuhkan hukuman dalam pertandingan.
  4. Membantu wasit untuk memutuskan problem yang timbul dalam menjatuhkan hukuman dalam pertandingan.
  5. Memeriksa skor final.
  6. Memintakan sidang Komite Pengadilan /Dewan Juri apabila ada gugatan atau protes dan melaporkan insiden kepada Komite /Dewan Juri.
  7. Mengumumkan peraturan permainan /pertandingan dan hal-hal khusus yang perlu diperhatikan oleh para pemain sebelum pertandingan dimulai. 

Wasit 
  1. Memeriksa daftar daftar nama para pemain dan perlengkapannya.
  2. Memimpin pertandingan pada setiap fairway dan mengatur pengundian urutan pemain dalam pertandingan.
  3. Mengumumkan hasil pertandingan pada fairway dan jumlah pukulan pukulan oleh setiap pemain.
  4. Memimpin para pemain menyelesaikan pertandingan sesuai dengan jumlah seri ferway.
  5. Menghadapi peristiwa terhadap president atau pelanggaran-pelanggaran peraturan selama pertandingan dan mengumumkan time-out dan me-restart pertandingan.
  6. Mencatat jumlah pukulan dan pelanggaran para pemain.
  7. Memeriksa hasil pertandingan dan meminta pemain menandatangani namanya untuk konfiramsi.
  8. Gerakan wasit kedepan dan digaris seharusnya tidak mempengaruhi pukulan pemain.
  9. Wasit seharusnya berdiri pada posisi dimana wasit dapat melihat dengan jelas gerakan pukulan pemain dan arah kemana bola meluncur /menggelinding. 

Hakim Garis 

Hakim garis dapat ditugasi dalam kejuaraan untuk membantu wasit dalam mempertimbangkan apabila bola OB dan dinamakan titik point bola keluar.


Signal (Tanda-tanda) Wasit Woodball


1. Tanda permainan dimulai:
Rentangkan lengan ke depan dan miring ke bawah sekitar 45 derajat, telapak tangan terbuka dan jari-jari ditarik saling berdekatan, menunjuk ke garis start dan pada saat yang sama memanggil dengan keras, "mulai bermain"


2. Tanda untuk memukul:
Rentangkan lengan ke atas setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke bawah dan jari telunjuk menunjuk ke arah gawang dan bergerak secara horizontal beberapa kali, dan memerintahkan agar bola segera dipukul.


3. Tanda bola di luar batas lapangan:
Pertama dengan ibu jari ke atas, tekuk lengan sedikit dan ayunkan ke belakang dari depan melewati bahu hingga berhenti di belakang kepala. Ayunkan beberapa kali untuk menunjukkan bola berada di luar batas / bola yang dipukul keluar lintasan.


4. Tanda Pelanggaran:
Lengan kanan dinaikkan lurus keatas dengan telapak kanan kedepan agar pemukulan dihentikan terlebih dahulu. Dilakukan dengan menghadap ke pemukul.


5. Tanda bola melalui gawang:
Rentangkan lengan lurus dengan ibu jari ke atas dan arahkan ke pemukul untuk menunjukkan bahwa bola yang dipukulnya berhasil melewati gawang dan untuk menyatakan selamat dan kekaguman kepada pemukul.


6. Tanda Waktu habis:
Buatlah tanda tangan tipe T dengan kedua telapak tangan di depan dada untuk meminta agar permainan dihentikan sementara (time out), atau menunjukkan "waktu istirahat".


Referensi: