Teknik Renang Gaya Kupu Kupu Lengkap Beserta Gambarnya

Renang Gaya Kupu Kupu
Gaya kupu-kupu atau Buterfly Stroke adalah salah satu dari empat gaya renang yang diperlombakan dalam Olimpiade. Karena gerakan kakinya, gaya ini juga dikenal sebagai gaya lumba-lumba/dolphin. Berikut ini penjelasan lengkapnya....


Start

Pada nomor renang gaya kupu-kupu, perenang melakukan posisi start di atas balok start. Badan dibungkukkan ke arah air dengan lutut sedikit ditekuk.


Posisi Badan / tubuh

Dalam Renang gaya kupu kupu, posisi badan merupakan bagian yang sangat penting karena sangat menentukan kesempurnaan gerakan. Saat melakukan gerakan, posisi posisi badan diusahakan sedatar mungkin dengan permukaan air meski dalam praktiknya terjadi gerakan naik dan turun secara Vertikal dan sesuai dengan irama kaki yang dihentakan secara bersamaan.

Pada renang gaya kupu-kupu, tubuh mengambang dalam posisi telungkup hampir sejajar di bawah permukaan air. Posisi ini dipertahankan mulai dari kepala, bahu, pinggang, hingga kaki. Kedua lengan berada di atas kepala dan garis permukaan air tepat di atas alis mata. Posisi tubuh harus diatur sedatar mungkin dengan air untuk memperkecil hambatan.

Selain itu, posisi tubuh yang lainnnya perlu diperhatikan yakni bagian kepala dan kaki.
  • Bagian Kepala - Untuk mempermudah dalam melakukan pangambilan nafas diusahakan agar bagian kepala naik sedikit saja asalkan mulut sudah berada di atas permukaan air dan cukup untuk mengambil nafas, dan ketika kita telah selesai mengambil nafas maka dengan cepat kepala tunduk kembali agar tubuh tetap datar dengan permukaan air.
  • Bagian Kaki - Ketika melakukan hentakan Dholpin yang dilakukan oleh kedua kaki sebaiknya kaki tidak memukul terlalu dalam, karena jika pukulan terlalu dalam maka akan mengakibatkan penambahan tahanan ke bagian depan, tendangan kaki tersebut dilakukan dengan menekuk kedua kaki pada persendian Lutut yang kemudian di luruskan kembali dengan keras (seperti ekor ikan paus).


Gerakan Kaki

Gerakan kaki pada Renang Gaya Kupu-kupu ini hampir sama dengan Renang gaya bebas perbedaannya adalah pada Renang gaya Kupu-kupu gerakan kaki di dilakukan secara bersamaan sedangkan pada gaya renang misalnya gaya bebas gerakan kaki dilakukan secara bergantian.

Pada gerakan kaki yang sangat berperan adalah gerak tungkai, yakni gerakan yang dilakukan dengan cambukan kaki ke atas dan ke bawah. Cambukan ke atas merupakan gerak recovery, yaitu dengan menggerakkan kaki ke atas hingga ke permukaan air. Cambukan dilakukan dua kali untuk satu putaran lengan.

Cambukan ke bawah dimulai dengan melentingkan pinggang, lutut diluruskan, dan kedua kaki dicambukkan dengan cepat ke bawah. Kelenturan pada sendi pergelangan kaki dan sendi lutut sangat menentukan hasil cambukan ke bawah.


Teknik gerakan kaki renang gaya Kupu-kupu:
  1. Usahakan posisi kaki lurus mulai dari pangkal sampai ujung kaki.
  2. Lakukan gerakan kaki dengan menekuk bagian lutut namun tidak terlalu bengkok.
  3. Lakukan gerakan kaki (Tendangan) dengan meluruskan kaki yang semula dibengkokan, lakukan dengan keras terutama pada punggung kaki.
  4. Setelah kaki di kayuh (ditendang) kebawah kaki kembali di luruskan dan kembali ke posisi awal.


Gerakan Lengan

Gerakan tangan Renang Gaya Kupu Kupu
Gerakan lengan pada gaya Kupu-kupu harus digerakan secara bersamaan antara lengan kanan dan lengan kiri. Gerak lengan pada gaya kupu-kupu diawali dengan memasukkan kedua lengan ke dalam air.

Berikut ini gerakan cara melakukan gerakan lengan pada gaya Kupu kupu:
  1. Menangkap (catch) -  Setelah badan masuk ke dalam air, lengan digerakkan keluar, lalu dilanjutkan dengan gerak menangkap. Gerak ini bersamaan dengan gerak cambukan ke bawah yang pertama.
  2. Meraih (down sweep) - Setelah gerak menangkap, gerak pergelangan tangan dan siku-siku sedikit membengkok ke bawah lalu keluar dan meraih air.
  3. Menarik (insweep) - Tangan ditarik ke dalam dan ke belakang di bawah kepala dekat badan.
  4. Mendorong (upsweep) -Gerakan ini dilakukan di akhir gerak menarik dengan mendorong lengan ke belakang dan mengeluarkan lengan dari air.
  5. Pemulihan (recovery) - Pemulihan dilakukan setelah melakukan gerakan mendorong. Caranya, yaitu dengan mengangkat siku ke atas permukaan air dan memutar sendi bahu untuk memindahkan lengan ke depan.

Pernafasan

Peroses pengambilan nafas pada rengan gaya kupu-kupu dilakukan dengan mengangkat kepala ke atas permukaan air, teknik mengangkat kepala pada renang gaya Kupu-kupu ini dilakukan pada saat akhir tarikan, pada saat melakukan pengambilan nafas diusahakan agar kepala naik sedikit di permukaan, dan setelah selesai maka dengan cepat kepala diturunkan kembali kedalam air agar tahanan depan tidak terlalu besar, untuk pengeluaran air dilakukan di bawah air dengan menggunakan hidung.


Koordinasi Gerakan

gerakan Renang Gaya Kupu Kupu
Dalam melakukan renang Gaya Kupu-kupu gerakan antara lengan dan kaki harus sesuai khususnya pada saat tubuh naik turun di permukaan air, pada 1 putaran lengan harus terjadi 2 kali putaran kaki (Keras & Lemah), ketika permulaan gerakan tendangan kaki harus dilakukan dengan keras sedangkan pada saat melakukan dorongan gerakan kaki dilakukan dengan lemah.


Pembalikan gaya kupu-kupu

Membalik pada gaya kupu-kupu peraturannya hampir sama dengan gaya dada, setelah kedua tangan menyentuh dinding bersama-sama, kemudian baru boleh membalik. Pantat  dan kedua kaki yang telah ditekukkan betul-betul, diputar ke samping sehingga sangat dengan dinding. Satu persatu tangan dilepaskan dan diluruskan kemuka disertai gerakan bertolak yang kuat pada dinding, kemudian meluncur ke depan dengan sikap lurus dekat dengan permukaan air. Gerakan kaki boleh lebih satu kali gerakan.


Bentuk Latihan Renang Gaya Kupu-Kupu

Untuk menguasai  renang gaya kupu-kupu, perlu dilakukan latihan yang mencakup gerakan lengan, gerakan tungkai, dan cara pengambilan napas.

Latihan 1 - Latihan ini bertujuan untuk melatih fleksibilitas atau kelenturan sendi-sendi pinggang dan pergelangan kaki.
  • Posisi badan telungkup dan berpegangan pada dinding kolam.
  • Posisikan badan dengan melentingkan pinggang.
  • Gerakkan pinggang ke atas dan ke bawah dengan menggerakkan kaki naik turun.
  • Pergelangan kaki diluruskan dan bersiap melakukan cambukan ke bawah.
Latihan 2 - Latihan ini berguna untuk melatih gerakan tungkai .
  • Kedua lengan memegang papan luncur dalam posisi lurus.
  • Lakukan gerak meluncur tubuh.
  • Lakukan gerak cambukan tungkai ke atas dan ke bawah untuk menghasilkan cambukan yang baik.
Latihan 3 - Latihan ini ditujukan untuk melatih gerak lengan pada renang gaya kupu-kupu.
Berdiri di pinggir kolam.
  • Jepitlah papan luncur  dengan kedua paha.
  • Lakukan gerak luncuran.
  • Lakukan latihan gerak lengan gaya kupu-kupu tanpa bantuan gerak tungkai.

Artikel yang berhubungan dengan Renang Gaya Kupu Kupu

Sumber:

Aturan lainnya: