Teknik Pukulan Tenis Meja Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

Dalam bermain olahraga tenis meja terdapat beberap macam-nacam nama pukulan yang harus dikuasai oleh petenis. Hal ini sangatlah penting agar seorang pemain tenis meja dapat dengan mudah mengalahkan lawannya. Berikut ini penjelasannya...


Block / Blok
Teknik Block / Blok
Blok adalah suatu Teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan dalam sikap bet yang tertutup. Blok biasanya digunakan untuk mengembalikan bola bola drive atau bola dengan putaran atas (top spin). Teknik pukulan block ini dilakukan setelah bola memantul dari meja, hal ini dilakukan agar lawan tidak bisa melakukan serangan balik dengan cepat karena sudah diblock dan kembali dengan cepat.
Tekhnik ini sering kali digunakan di depan meja, sehingga tekhnik pukulan ini juga sering pula disebut dengan block pendek. Teknik pukulan block terdiri dari 2 jenis yaitu forehand block dan backhand block. Berikut ini penjelasannya...
  1. Forehand block - Cara ini dilakukan dengan gerakan bet di depan, dengan posisi bet tertutup yaitu sisi depan bet menghadap kebagian bawah. Perhatikan juga darimana arah datangnya bola. Setelah itu lakukan teknik block dengan segera setelah bola sudah memantul dari meja. Usahakan bola mengenai bagian tengah bet.
  2. Backhand block - Teknik ini dilakaukan dengan posisi bet berada dibagain sebelah kiri tubuh, lalu gerakan bet kedepan, dan jika ingin melakukan blocking maka posisi bet pun harus tertutup yaitu sisi bagian depan menghadap pada bagian kebawah.  Perhatikan juga darimana arah datangnya bola. Setelah itu lakukan teknik block dengan segera setelah bola sudah memantul dari meja. Usahakan bola mengenai bagian tengah bet.
 
Chop

Forehand chop
Forehand chop
Pukulan ini digunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam macam. Tekhnik pukulan chop merupakan pukulan backspin, yang sifatnya bertahan. Gerakan ataupun tekhnik pukulan ini hampir menyerupai gerakan dari seseorang yang ingin menebang sebuah pohon dengan menggunakan kampak. Teknik pukulan chop dibagi menjadi 2 bagian, diantaranya yaitu:
  1. Forehand chop - untuk tekhnik pukulan chop yang pertama ada yang namanya forehand chop, dimana pukulan ini sendiri tekhnik ataupun cara untuk melakukannya sama dengan pukulan forehand, namun posisi bet dibuat agak sedikit terbuka. Selain itu juga gerakan bet kedepan dan dibuat condong ke arah bawah. Pastikan juga bahwa kontak dengan bola ini terjadi pada bagian depan kanan tubuh. Selain itu juga perkenaan bola pada bagian sisi bet depan pun dibuat agak bawah dan perkenaan bola di sisi bawah bola.
  2. Backhand chop - selanjutnya untuk tekhnik chop yang kedua adalah backhand chip, dimana tekhnik ataupun pukulan ini sendiri pada posisi awalnya sama dengan backhand, namun posisi bet dibuat pada bagian sisi bagian depannya sendiri lebih condong keatas. Selain itu juga pastikan kalau kontak bola dibagian sisi net bawah dibagian depan sama dengan pada sisi bawah bola. Selain itu pastikan juga bahwa perkenaan bola di bagian kiri ini posisinya agak di depan tubuh.

Drive


Drive adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup. Drive dapat digunakan sebagai pukulan serangan dan dapat kita kontrol sesuai dengan keinginan.

Pukulan drive dibagi menjadi 2 jenis yaitu forehand drive dan backhand drive.
Forehand drive
1. Forehand drive -Untuk teknik ini gerakan yang dilakukan adalah kearah bet depan, lalu diikuti dengan perputaran  tubuh sekitar 30 derajat. Biasanya kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan tekhnik pukulan forehand drive ini adalah saat perubahan posisi bet akibat gerakan dari pergelangan tangan, dan membuat kesulitan saat sedang ingin kontak dan fokus pada bola. Untuk bisa melakukan pukukan dengan menggunakan tekhnik ini, sebaiknya anda bisa menguatkan pergelangan tangan ketika sikap permulaan. Sehingga hal tersebut tidak akan membuat posisi bet mudah untuk berubah.

Backhand Drive
2. Backhand drive - Type pukulan ini dilakukan dengan membentuk sudut pemain sekitar 90 derajat. Lalu pergerakan bet diikuti dengan badan yang bergerak memutar. Usahakanlah kontak selalu dengan bola ketika bet sudah berada didepan dengan posisi badan agak kekiri.

Kelebihan tekhnik pukulan drive:
  • Tinggi dan rendahnya bola saat terbang mudah untuk dikuasai
  • Cepat serta lambatnya lajur dari bola mudah untuk dikendalikan
  • Tenaga Bola drive tidak terlalu keras, sehingga mudah untuk dikontrol oleh pemain
  • Posisi bola pada setiap titik mudah untuk dikendalikan

Push

Push  atau dorongan merupakan teknik memukul bola (pingpong) dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka, biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan pukulan push itu sendiri dan pukulan chop dari lawan.

Push merupakan pukulan backship yang pasif dan dilakukan ketika menghadapi bakckspain, dengan melakukan pukulan ini membuat bola melambung tidak terlalu tinggi dari net.

Pukulan push dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
  1. Forehand push - saat melakukan tekhnik ini posisi bet agak sedikti terbuka, lalu gerakan bet kedepan, serta sedikit kebawah. Usahakanlah bola mengenai bagain tengah bet agar memperoleh hasil yang maksimal.
  2. Backhand push - Pukulan Backhand push menggunakan pukulan backhand. Pastikan tejadi gerakan kontak bola yang kuat, sehingga akan menghasilkan bola Backhand yang lebih sempurna lagi. Pastikan juga bola pada bagian kiri mendekati bagian tubuh didepan.
Teknik pukulan push ini sendiri merupakan perkembangan yang berasal dari pukulan block, dan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan teknik pukulan yang lainnya, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:
  • Bola push dapat jadikan sebagai alat yang sifatnya penjagaan, yang bisa digunakan saat melewati situasi transisi yang bisa diubah menjadi sebuah pukulan mendorong berupa pukulan serangan balik kepada lawan.
  • Bola push ini sendiri merupakan bola yang polos, sehingga dengan menggunakan bola pertahan ini pemain bisa melakukan yang namanya serangan balasan kepada lawan.
  • Pukulan bola push  dimainkan pada bagian backhand, dan biasanya digunakan untuk mewakili half volley, untuk mencari kesempatan saat ingin membangun ataupun melancarkan serangan forehand.

Lob
Pukulan lob pada tenis meja
Pukulan lob pada tenis meja. [https://www.youtube.com/watch?v=sLzKDn1q7F4]
Lob adalah teknik memukul bola lambung ke arah lawan agar lawan sulit mengembalikan bola kea rah pertahanan. Loobing merupakan pukulan bertahan secara total yang digunakan untuk menghadapi smash. Lob yang baik pada dasarnya adalah lob yang tingginya dapat mencapai 2-4 meter atau lebih diudara.


Servis

Teknik memukul bola untuk menyajikan bola pertama ke dalam permainan dengan cara memantulkan terlebih dahulu bola ke meja service kemudian bola harus melewati atas net (tidak boleh mengenai net) dan akhirnya memantul di meja lawan.

Langkah-langkah melakukan service:
  1. Letakkan bola di atas telapak tangan yang terbuka dengan posisi diam dari tangan bebas pelaku servis.
  2. Lambungkan bola secara vertikal ke atas tanpa putaran dengan jarak minimal 16 cm dari permukaan telapak tangan bebas. Dilanjutkan dengan tangan turun tanpa menyentuh apapun sebelum dipukul.
  3. Saat bola turun, server harus memukulnya sampai menyentuh mejanya terlebih dahulu dan setelah melewati net kemudian menyentuh meja lawan.
  4. Bola harus berada di atas perpanjangan permukaan meja permainan pelaku servis dari mulai servis hingga bola dipukul.
  5. Bola tidak boleh dihalangi dari pandangan penerima oleh pelaku servis atau pasangan gandanya atau apa saja yang mereka bawa atau pakai.
  6. Setelah bola dilambungkan, tarik lengan dan tangan bebas dari ruang antara bola dan net.

Macam-Macam Service
  • Teknik Servis Forehand Topspin - Untuk melakukan forehand topspin pemaian berdiri dengan sikap persiapan di meja bagian kanan dan menghadap sektor kiri meja lawan. Gunakan tangan kanan untuk memegang bet dan ada sebelah kanan badan dengan siku ditekuk  membentuk sudut 90 derajat. Gunakan telapak tangan kiri untuk memegang bola. Lambungkan bola setinggi 16 cm, lalu pukul dengan bet dengan pantulan yang tidak melebihi net. 
  • Teknik Servis Backhand Topspin - Untuk melakukan backhand topspin pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. Gunakan tangan kanan untuk memegang bet dengan mendekatkanya ke pinggang sebelah kiri. Gunakan telapak tangan kiri untuk memegang bola. Bola dilambungkan setinggi 16 cm, pukul dengan bet dengan ketinggian yang normal sehingga pantulan bola di meja lawan tidak begitu tinggi
  • Teknik Servis Backhand Backspin - Posisi pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. Gunakan tangan kanan untuk memegang bet dengan mendekatkanya ke pinggang sebelah kiri. Sementara telapak tangan kiri memegang bola. Lalu lambungkan bola setinggi16 cm kemudian pukul dengan bet, usahakan tidak terlalu tinggi agar bola tidak melambung tinggi saat memantul di daerah lawan.

Smash

Teknik pukulan bola yang dilakukan secara keras dan tajam ke arah daerah lawan. Pukulan smash dilakukan untuk mengeksekusi bola lambung (lob) atau bola yang dikembalikan lawan relatif tinggi, baik di atas meja maupun di belakang meja. Pukulan smash harusnya cukup mematikan karena dilakukan dengan power (tenaga) keras sehingga menghasilkan poin kemenangan.

Cara memukul / melakukan smash:
  1. Kaki tetap di buka, kaki kiri agak di depan (jika akan memukul dengan Forehand Smash)
  2. Badan agak tegak, berat badan di tengah kedua kaki
  3. Untuk memukul smash dengan Backhand, kaki kanan relatif di depan, dan posisi bet di sebelah kiri sejajar dada. Ketinggian bet ini hendaknya disesuaikan dengan ketinggian bola dari lawan/partner latihan.

Spin

Teknik pukulan ini dilakukan dengan cara bola dipukul membentuk angle atau sudut tertentu sehingga bola memutar. Dalam pengertian umum Spin adalah pukulan forehand atau backhand dimana reket dimiringkan sedikit atau banyak dimana jika mengenai bola akan mengalami perubahan arah (berputar). Putaran dan kecepatan yang dihasilkan pada pukulan spin bergantung pada sudut raket dan kekuatan yang dipakai saat melakukan pukulan.

3 teknik spin yang wajib dipelajari:
  1. Topspin - Topspin mempunyai arti pukulan yang menghasilkan putaran bola ke depan dengan laju bola bersifat parabolik. Topspin dihasilkan dengan memukul dari bawahnya belakang bola dan menepis bola dalam gerakan ke atas dan ke depan.
  2. Backspin - Backspin dihasilkan dengan memukul dari atasnya belakang bola dan menepis bola dalam gerakan ke bawah dan ke depan. Dengan pukulan backspin, bagian bawah bola akan bergerak searah dengan larinya bola. Bola umumnya memutar keatas (menunjukkan bahwa bola habis digesek hampir secara horizontal dari bawah bola). Bola yang dihasilkan akan jatuh melamban dan berputar balik.
  3. Sidespin - Sidespin adalah menyapu bola dalam gerakan menyamping. Pukulan sidespin bisa dikombinasikan dengan topspin atau backspin. Jika dikombinasikan dengan topspin dan sidespin maka bola pantul akan lebih cepat dan melengkung ke kiri atau ke kanan. Jika dikombinasi dengan backspin dan sidespin maka bola akan memantul.

Sumber: http://www.tutorialolahraga.com

Aturan lainnya: