Teknik Gerakan Kaki dan Posisi Badan Pada Tenis Meja

menerima bola ping pong
Dalam tenis meja dikenal dua teknik dasaryang wajib dikuasainoleh pemain yakni Teknik Bersiap Siaga (Teknik Stance) dan Teknik Gerakan Kaki (Footwork). Berikut ini penjelasan lengkapnya


1. Bersiap Siaga (Teknik Stance)

Teknik Stance adalah salah satu teknik menempatkan posisi kaki, tangan dan anggota badan saat akan menyerang lawan atapun saat posisi bertahan. Teknik ini memiliki 2 macam gaya yakni Square Stance dan Side Stance.

Square Stance

Square Stance merupakan teknik positioning, yakni saat posisi tubuh kita mengarah ke meja tenis. Teknik ini umumnya dipakai pada saat menerima servis bola dari lawan atau bisa juga dalam posisi siap kembali ketika kita mendapatkan serangan dari lawan. Cara melakukannya adalah dengan menggerakkan satu kaki dengan satu langkah ke depan, belakang, kanan, kiri atapun diagonal.

Side Stance

Teknik Side Stance dilakukan dengan posisi badan menyamping kanan ataupun kiri. Sementara, posisi salah satu bahu kita harus lebih dekat dengan net ketika ingin menyerang lawan. Contoh disaat kita melakukan teknik forehand untuk pemain tenis meja yang kidal (tangan kiri), posisi bahi kiri harus lebih dekat dengan net.


2. Teknik Gerakan Kaki (Footwork)

Gerakan kaki atau Footwork menjadi 2 yaitu nomor yakni nomor ganda dan nomor tunggal. Untuk permainan tunggal banyaknya langkah kaki dibedakan mejadi beberapa bagian yaitu 1 langkah, 2 langkah, 3 langkah atau lebih dari itu. Arah pergerakan kakinya pun bermacam-macam, bisa ke arah samping kanan, samping kiri, depan, belakang ataupun diagonal.

Penggunaan posisi gerakan kaki wajib diimbangi dengan jarak antisipasi jika bola datang dengan posisi pemain. Bila jaraknya sangat dekat, boleh menggunakan 1 langkah atau berdiri pada posisi tetap. Bila jarak ketika datangnya bola dengan datangnya bola dengan posisi pemain sangat jauh, kita dapat menggunakan gerakan dua langkah kaki. Saat kita menggunakan teknik ini, tinggal menyesuaikan posisi jarak kaki dengan datangnya bola.

Pada teknik Footowork yang populer dipakai adalah dengan menggunakan metode two-step. Metode ini biasanya digunakan oleh pemain tenis meja yang tipikal menyerang lawan.

Tips melakukan teknik two-step
  1. Lutut sedikit ditekuk.
  2. Berat badan dibagi secara rata di kedua kaki.
  3. Berat badan ditumpukan pada ujung kaki.
  4. Bila ingin melangkah ke kiri, kaki kiri digeser ke arah kiri dan berat badan dibebankan ke arah kaki kiri. Bila perlu melakukan dua kali langkah, maka caranya sama.
  5. Kaki kanan mengikuti kaki kiri, jika ingin melakukan pukulan forehand maka kaki kanan ditarik ke belakang sehingga sama seperti posisi awal melakukan pukulan forehand.
  6. Setelah melakukan pukulan, harus memperhatikan arah bola dan kembali ke posisi awal. Bila ingin bergerak ke kiri dorong dengan kaki kanan. Bila tidak dalam posisi siap, maka harus bergerak ke arah belakang, tetapi jika lawan memukul bola kita jangan bergerak.
Bila kita ingin mencoba pukulan forehand,  wajib manarik kaki kanan ke belakang. sehingga kita tepat pada posisi awal teknik forehand. Kemudian ketika melakukan serangan lawan, lihat arah bola dahulu selanjutnya kembali pada posisi awal. Saat melukan pukulan usahakan jangan memberikan gerakan tubuh kepada lawan dan harus memperhatikan posisi lawan.

Sumber: www.dikatama.com, "Inilah Teknik Dasar Tenis Meja yang Harus Kamu Ketahui"

Aturan lainnya: