Cara Perhitungan Skor / Angka Permainan Tenis Lapangan

Skor / Angka Tenis Lapangan
Sebelum permainan dimulai, dilakukan penentuan siapa yang akan melakukan servis atau memilih sisi lapangan berdasarkan undian (bisa menggunakan koin atau lainnya). Setiap awal pertandingan, pemain selalu berada di sisi sebelah kanan lapangannya masing-masing. Pemain yang melakukan servis pertama (anggap saja pemain A) harus berada di belakang garis baseline ketika melakukan servis. Servis diarahkan secara diagonal ke lapangan pemain penerima bola (anggap saja B). Bola harus terlebih dahulu memantul satu kali sebelum dipukul pemain B. Dalam permainan ganda, rekan penerima bola tidak boleh menyentuh bola servis sebelum dipukul penerima (pemain B).


Perhitungan Skor

Pada umumnya untuk pertandingan International akan memainkan 3 set, walaupun tekadang dalam permainan ganda/tunggal putra memainkan 5 set. Dalam permainan 3 set , pemain atau tim yang meraih kemenangan 2 set terlebih dahulu akan menjadi pemenang.
  • Saat mencetak poin, pemain tidak langsung mendapat 1 game. 1 game didapat setelah mencetak beberapa poin terlebih dulu (dinamakan poin kecil).
  • Poin kecil dimulai dari angka 0-0. Jika pemain mencetak poin, maka skor akan menjadi 15-0, poin selanjutnya akan menjadi 30-0 dan poin selanjutnya lagi akan menjadi 40-0.
  • Deuce dilakukan jika skor kedua pemain sama kuat, yakni 40-40.
    Selama satu permainan, pemain harus memenangkan 6 game dan akan dianggap memenangkan pertandingan apabila skor 6-0.
  • Jika permainan sama kuatnya, yakni 6-6 maka diadakan game ke-7 dan dilakukan poin kecil tie-break menggunakan skor kecil 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7.

Apabila skor mencapai 40-40 dinamakan deuce dalam istilah tenis lapangan. Pemain harus mememangkan 2 point lagi untuk memenangkan permainan. Pemain yang memasukkan bola ketika kedudukan masih deuce mendapatkan nilai unggul atau istilahnya ‘Ad’ atau ‘Advantage’. Namun jika pemain yang melakukan service yang memperoleh nilai disebut dengan ‘ad in’ dan jika penerima yang menerima point disebut dengan’ad out’.

Untuk memenangkan dalam satu set anda harus memenangkan 6 game dengan selisih 2 (terkecuali menggunakan tie break). Anda dapat memenangkan pertandingan dengan skor 6-4,6-3,6-2,6-1,6-0 tetapi tidak dengan 6-5. Jika skor sampai 6-5 makan game tambahan akan dimainkan sampai salah satu pemain unggul 2 game dan skornya menjadi 7-5,8-6,10-8.

Dalam sistem Tie break digunakan untuk mencegah jumlah set yang terlalu banyak dan pada umumnya diguakan sistem 12 point. Jika game mencapai 6-6 pemain pertama harus meraih 7 point dengan selisih 2 point dengan lawan untuk memenangkan set dan akan berakhir dengan skor 7-6.


Pemain kehilangan poin apabila:
  • bola yang dipukul keluar dari garis
  • memukul bola dua kali
  • bagian tubuh pemain termasuk pakaian dan asesoris menyentuh net atau sisi lapangan lawan
  • memukul bola sebelum melewati net.

Perhitungan Skor

Perhitungan skor dalam tenis lapangan adalah sebagai berikut:
0Love
1 15
2 30
3 40

Sistem tie-break digunakan untuk mencegah jumlah set yang terlalu banyak. Umumnya digunakan sistem 12 poin, jika game mencapai 6-6. Pemain pertama harus meraih 7 poin dengan selisih 2 poin dengan lawan untuk memenangkan set. Dan berakhir dengan skor 7-6.

Umumnya pertandingan internasional memainkan 3 set, walau terkadang tunggal/ganda putra memainkan 5 set. Dalam permainan 3 set, pemain atau tim yang meraih 2 set terlebih dahulu menjadi pemenang.


Sumber:

Aturan lainnya: