Materi Dasar Kurata 1 (Satu) Tarung Derajat

KURATA adalah tingkatan dalam seni Beladiri Tarung Derajat. KURATA terdiri dari 7 (tingkatan) mulai dari tingkat satu hingga tingkat 7. (Baca: "Tingkatan Dalam Tarung Derajat (KURATA)").

Anggota Kurata I adalah seseorang yang baru daftar. Pada awal latihan diperkenalkan aturan, budaya dan etika latihan Tarung Derajat. setelah itu anggota baru diperkenalkan atau diberikan penjelasan model-model latihan dan tingkatan latihan yang ada ditarung derajat. kemudian diajarkan dasar-dasar: siaga dasar,penghormatan, sikap, hadap kiri kanan, putar, duduk, berdiri, melangkah kesamping kiri dan kanan serta melangkah maju mundur, dan cara bubar.

Anggota Kurata I menggunakan sabuk putih di pinggangknya. Pada tingkatan ini semua yang diajarkan adalah Jurus Dasar dari Ilmu beladiri tarung derajat. Yang perlu menjadi catatan adalah anggota harus sabar menerima materi dan mengulang-ulangnya kembali sampai benar-benar dikuasai dan menjadi otomatisasi. karena semua rangkaian gerakan beladiri ini dasarnya ada pada materi kurata 1 jika materi kurata 1 tidak dikuasai maka anggota akan kesulitan menyesuaikan diri pada materi selanjutnya. Materi kurata 1 adalah materi dasar yang didominasi tehnik tangan dan hanya mendapat satu jenis tendangan beserta jurus wajib gerak langkah dasar yang harus dikuasai.

Ujian kenaikan tingkat dapat diajukan setelah menguasai materi yang diberikan dan memenuhi syarat jam latihan. Perlu diketahui anggota baru atau kurata 1 beban latihan fisik TIDAK dipaksakan melainkan dipacu secara perlahan untuk mencapai kemampuan fisik yang prima melalui metode peningkatan bertahap sesuai dengan kondisi fisik masing-masing, artinya latihan tetap terkontrol dan terprogram dengan baik, mengacu pada metodologi kepelatihan olahraga.


Berikut ini Materi yang diajarkan kepada anggota seni Beladiri Tarung Derajat pada tingkatan KURATA I (Satu) yang merupakan tingkatan paling dasar dalam olahraga ini..


Sikap Dasar
  1. Kerapihan Sikap
  2. Penghormatan,
  3. Duduk
  4. Berdiri
  5. Siaga Dasar
  6. Siaga di tempat.

Gerakan Dasar Tangan (Siaga ditempat)
  1. Pukulan Lurus 1-3x
  2. Sikut Atas/ Samping/ Bawah
  3. Pukulan sentak atas/bawah
  4. Pukulan Cepat Atas,
  5. Kibas Luar
  6. Kibas Dalam
  7. Kibas Bawah

Gerakan Dasar Tangan (Siaga Silang)
  1. Pukulan lurus
  2. Pukulan Sentak Atas
  3. Pukulan Sentak Bawah
  4. Pukulan Cepat
  5. Kibas Atas
  6. Kibas Luar
  7. Kibas Dalam
  8. Kibas Bawah

Gerakan Dasar Kaki (Tendangan)
  1. Gerakan dasar tangan dilakukan dengan siaga ditempat:
  2. Tendangan lurus cepat
  3. Tendangan lurus cepat dalam melangkah

Jurus Wajib Gerak Langkah Dasar

Jurus wajib merupakan seni rangkaian gerak dasar untuk kurata satu:
  1. Diawali dengan Kerapihan Sikap.
  2. Penghormatan.
  3. Aba-Aba Gerak Langkah Dasar: 1. Kibas Luar, 2. Pukulan Cepat, 3. Tendangan Lurus, Pukulan Cepat, 4. Putar Kibas Luar, 5. Pukulan Cepat, 6. Tendangan Lurus, 7. Putar Kibas Luar, 8. Siaga Dasar, 9. Mundur Kibas Luar, 10. Pukulan Lurus, 11. Sentak Bawah, 12. Kibas Dalam, 13. Maju Pukulan Lurus 3x, 14. Sikut Bawah, Tendangan Lurus, Sentak Bawah, 15. Kibas Dalam, 16. Siaga Dasar, 17. Tengok Kanan, 18. Kibas Bawah, 19. Sentak Atas, 20. Tendangan Lurus Sentak Atas, 21. Putar Kibas Bawah, 22. Sentak Atas, 23. Tendangan Lurus Sentak Atas, 24. Putar Kibas Bawah, 25. Tengok Kiri, 26. Siaga Dasar, 27. Tengok Kiri, 28. Kibas Atas, 29. Sikut Atas, 30.Tendangan Lurus, Sikut Samping, 31. Putar Kibas Atas, 32. Sikut Atas, 33. Tendangan Lurus, Sikut Samping, 34. Putar, Kibas Atas, 35. Tengok Kanan, 36. Siaga Dasar.

Aturan lainnya: