Teknik Dasar Olahraga BaseBall untuk Pemula

Dalam permainan Baseball terdapat teknik-teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain baseball. Jika tekniknya tidak benar-benar dikuasai, maka akan memudahkan tim lawan untuk mencetak run. Berikut ini akan dijelaskan teknik pokok yang harus dikuasi seperti: Melempar, Memukul dan menangkap bola baseball.


Melempar Bola Baseball

Melempar bola baseball
Melempar bola adalah tugas dari Pitcher (pelempar). Pemain ini berdiri di sekitar lingkaran daerah pitcher sampai daerah dekt home plate. Tugas pitcher antara lain melempar bola kepada pemukul (batter) dengan baik, menjaga base pertama ketika pemain first baseman memungut bola, dan membantu pemain di belakang home plate.

Seorang pelempar harus menguasai teknik lemparan dengan cara yang berbeda. Setiap lemparan memiliki efek yang berbeda. Ada lemparan bola yang melesat cepat, ada lemparan bawah yang lambat, ada pula lemparan melintir. Upayakan lemparan supaya susah ditebak oleh lawan.

Langkah-langkah melempar bola baseball yang benar :
  1. Posisi berdiri menghadap catcher (penangkap). Pegang bola di balik paha dan sembunyikan dari pandangan batter Penyerang / Pemukul.
  2. Ayunkan lengan ke belakang lalu ke depan dengan ayunan yang stabil.
  3. Putarlah kaki kanan dan badan (pivot) hingga mengarah ke base ketiga.
  4. Pada waktu lengan di belakang, sepakkan kaki kiri ke atas. Kemudian, langkahkan kaki kiri lurus ke depan.
  5. Ayunkan lengan dan lemparkan bola ke depan dengan sepenuh tenaga. Pada saat bersamaan, ayunkan kaki kanan ke belakang.

Memukul Bola Baseball

memukul bola baseball
Memukul Bola Baseball adalah tugas dari seorang pemukul, pemain pemukul atau penyerang (batter) bertugas memukul bola untuk mencetak angka (run). Untuk itu, batter harus dapat memukul dengan baik dan lari ke base (base runner), kemudian menginjak atau menyentuh semua base secara berurutan untuk kembali ke home plate.

Seorang pemukul harus mahir memperkirakan arah datangnya bola. Ia pun harus mampu memukul bola dengan tepat untuk menentukan jauh-dekatnya bola yang terpukul. Bila telah mahir, ia mampu melakukan pukulan big swing untuk mencetak home run.

Cara memegang stick.


Anda harus memegang stick dengan kedua tangan hingga batas tempat bagian pegangan. Usahakan agar jari-jari tangan Anda rapat melingkari batas pemukul, hal ini bertujuan untuk mendapatkan kekuatan yang penuh dalam melakukan pemukulan. Pegangan tangan Anda harus kuat dan benar agar saat Anda mengayun, stick yang Anda pegang tidak terlepas. Berikut ini cara memegang stick / tongkat Baseball yang benar:
  1. Saat menunggu lemparan Pitcher, buka kedua kaki selebar bahu, lutut sedikit ditekuk.
  2. Pusatkan Pandangan pada bola yang akan meluncur kearah Anda.
  3. Posisikan badan Anda agak condong ke depan untuk menjaga keseimbangan.
  4. Pegangan agak ke belakang, siku bengkok, bahu sejajar dan sedikit agak ke bawah.
  5. Saat akan memukul posisi badan tegak lurus di depan bahu kanan.

Langkah-langkah memukul bola Baseball yang tepat:
  1. Posisi badan berdiri tegak, kaki dibuka selebar bahu dan sedikit ditekuk.
  2. Peganglah bat ke belakang bahu. Posisikan ujung bat lebih tinggi dibandingkan bahu, sedangkan siku agak jauh dari badan.
  3. Pandangan mata menatap pada gerakan pitcher.
  4. Saat pitcher melempar bola, langkahkan kaki ke arah pitcher. Ayunkan bat / tongkat mengenai bola dengan cepat memakai kekuatan lengan.
  5. Selesaikan gerakan ayunan lengan sampai bola melambung ke udara.

Baserunning / Menangkap Bola Baseball

cara menangkap bola

Menangkap (Fielding) Kunci untuk menangkap bola bisbol adalah semakin tubuh kamu tepat di depan bola, maka semakin dekat kesempatan untuk bisa menangkap bola dengan tepat.

Seorang baserunner yang baik tidak harus bergantung pada kecepatan untuk menjadi efektif. Kecepatan akan membantu baserunner, tetapi hanya jika ia mengerti bagaimana menjalankan basis. Baserunners harus bertujuan untuk menyentuh sudut dalam basis dan membuat berbelok tajam ke arah dasar berikutnya, yang menjamin jarak terpendek diambil antara dasar. Kemampuan Baserunning juga berasal dari pemahaman keadaan permainan, seperti apakah tim Anda berada di depan atau di belakang, tingkat keterampilan batter yang akan datang dan kekuatan lengan outfielders lawan.


Menangkap bola oleh seorang Catcher

Seorang Catcher memiliki daerah kekuasaan di antara home plate dan back stop. Tugas catcher yaitu menjaga home plate untuk mematikan pelari yang akan mencetak angka, menangkap bola yang dilempar oleh pelempar, serta melempar bola ke base satu, dua, dan tiga untuk mematikan lawan.
Menangkap bola oleh seorang Catcher

Terdapat tiga gerakan menangkap bola oleh seorang catcher yakni bola rendah, bola lurus, bola tinggi. Cara menangkap ketiga arah bola tersebut adalah dengan cara:
  • Cara menangakap bola rendah: Badan sedikit jongkok, kedua tangan berada di bawah dengan pandangan lurus ke depan.
  • Cara menangakap bola lurus: badan agak diangkat lebih tinggi, kedua tangan dan pandangan lurus ke depan.
  • Cara menangakap bola tinggi: badan diangkat lebih tinggi lagi, kedua tangan diangkat ke atas.

Aturan lainnya: