Perbedaan Olahraga Softball dan Baseball

Bola Softball dan Baseball
Sebelum mengetahui tentang perbedaan antara baseball dengan softball adalah sebaiknya kita mengenal dulu pegertian dari kedua olahraga ini.


Pengertian Sofbol atau softball

Sofbol atau dikenal dengan softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim. Permainan sofbol lahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887. Sofbol merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol atau hardball. Bola sofbol saat ini berdiameter 28-30,5 sentimeter; bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defensif) dan tim yang memukul (ofensif). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate.


Pengertian Bisbol atau baseball

Bisbol atau dikenal dengan baseball adalah olahraga yang dimainkan dua tim. Pelempar (pitcher) dari tim yang melempar berusaha melempar bola yang disebut bola bisbol, sedangkan pemain (batter) dari tim yang memukul berusaha memukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Tim yang melempar berusaha menangkap bola yang dipukul oleh tim yang memukul agar tim yang memukul berubah menjadi tim yang melempar. Tim yang memukul mendapat angka dengan cara berlari berlawanan arah dengan jarum jam untuk pulang ke home plate setelah menyentuh marka di permukaan lapangan bisbol yang disebut base. Bisbol juga disebut sebagai hardball untuk membedakannya dengan sofbol.


Perbedaan Softball dan Baseball
  • Olahraga Baseball hanya dimainkan oleh Pria, maka kadang Baseball juga disebut Hardball, sedangkan Softball bisa dimainkan oleh pria dan wanita.
  • Bola Softball berukuran lebih besar beberapa inch dari bola Baseball. Bola Baseball yang lebih kecil memiliki ukuran yang seukuran dengan bola tenis lapangan.
  • Cara melempar pun beda, Softball dilempar dari bawah ke atas, sedangkan Baseball dari atas lurus ke arah Pemukul (Batter).
  • Ukuran lapangan terdapat perbedaan. Meski memiliki bentuk yang sama, tapi ukuran lapangan Baseball lebih besar dibanding Softball.
  • Area pelempar bola (Pitcher) pada olahraga Baseball ada gundukan tanahnya atau disebut Mount sedangkan Softball rata-rata aja.Tapi keduanya mempunyai Plate (semacam base yang berbentuk pesegi panjang) sebagai tempat pitcher.
  • Di plate ini pun terjadi perbedaan, dibaseball ketika akan melempar pitcher dapat menyentuh plate hanya dengan meletakkan satu kakinya, sedangkan di softball diharuskan untuk meletakkan kedua kakinya di plate tersebut.
  • Dari segi permainan, terdapat peraturan yang disebut stealing atau mencuri base. Jika batter atau pemukul telah berhasil mencapai base 1,2 atau 3, maka pada giliran batter selanjutnya runner yang berada di base dapat meninggalkan base sejauh 3 langkah dan berlari ke base selanjutnya dengan kondisi bola telah lepas dari lemparan pitcher. Hal ini terjadi dibaseball, sedangkan di softball runner tidak dizinkan meninggalkan base se inci pun. Jadi, di softball stealing benar-benar mengandalkan kecepatan lari dari runner. Peraturan ini diberlakukan karena jarak antar base di softball lebih pendek dibanding baseball.

perbedaan olahraga softball dan baseball, beda softball dan baseball, pengertian softball dan baseball, tujuan olahraga lempar lembing, perbedaan softball dan kasti, teknik dan macam macam start jongkok, persamaan softball dan baseball', sejarah softball dan baseball

Aturan lainnya: