Posisi dan Tugas Pemain Dalam Permainan Baseball

Bisbol dimainkan oleh dua tim di lapangan bisbol. Setiap tim memiliki 9 pemain. Wasit mengawasi jalannya permainan dengan cermat untuk menentukan peristiwa yang sebenarnya terjadi dan menjaga agar pemain mematuhi peraturan. Dalam pertandingan bisbol di Liga Baseball Amerika terdapat 4 orang wasit, walaupun kadang-kadang ada 6 orang wasit.
Dalam permainan baseball terdapat dua tim yang berhadapan, satu tim penjaga sering disebut tim bertahan, sedangkan tim pemukul biasa disebut tim penyerang. Posisi pemain bertahan terdiri atas: Picher, Batter, First baseman, Second baseman, Third baseman, Short Stop, Right fielder, Center fielder,  Left fielder, dan Catcher.

Gambar posisi pemain baseball



Posisi Penjagaan di Daerah Dalam ( Infield)

1. First baseman (penjaga base pertama)

Pemain ini posisinya berdiri di dekat home plate dan base pertama, serta di antara base pertama dan base kedua. Tugas pemain first baseman yaitu mematikan pelari yang hendak ke base pertama, menangkap bola yang dilempar atau dipukul ke arah base pertama, serta melempar bola kepada base kedua untuk menciptakan mati terpaksa (force out).

2. Second baseman (penjaga base kedua)

Posisi Pemain ini berada di tengah antara base pertama dan base kedua. Tugas second baseman antara lain menjaga bola hasil pukulan di daerah yang dikuasai, melempar bola kepada base pertama untuk membuat pelari mati terpaksa, serta mematikan pelari pada base kedua.

3. Short stop

Adalah seorang pemain yang berada di sekitar base kedua sampai base ketiga, dan sekitar daerah depan outfield. Short stop bertugas menjaga pukulan bola di daerah yang dikuasai, melempar bola ke arah base satu atau dua untuk membuat pelari mati terpaksa, serta membantu second baseman dalam menjaga base dua.

4. Third baseman (penjaga base ketiga)

Posisinya berdiri di dekat base ketiga sampai di belakang short stop dan di daerah left fielder. Tugas pemain ini antara lain menjaga base ketiga dan melempar bola ke arah pemain first baseman untuk membuat pelari mati terpaksa.


Posisi Penjagaan di Daerah Luar (Outfield)

1. Left fielder

Pemain ini berada di sebelah kiri daerah outfield. Pemain ini bertugas menjaga pukulan bola di daerah yang dikuasainya.

2. Center fielder

Center fielder memiliki daerah yang luas untuk dikuasai, yaitu daerah tengah outfield. Tugas center fielder adalah menjaga bola hasil pukulan di daerahnya, dan mengarahkan tempat yang harus dijaga oleh left fielder dan right fielder.

3. Right fielder

Right fielder memiliki daerah penjagaan yang berada di sebelah kanan daerah outfield. Right fielder bertugas menjaga pukulan bola di daerah yang dikuasainya.

4. Pitcher (pelempar)

Pither (Pelempar)
Pitcher (Pelempar)
Pemain ini berdiri di sekitar lingkaran daerah pitcher sampai daerah dekt home plate. Tugas pitcher antara lain melempar bola kepada pemukul (batter) dengan baik, menjaga base pertama ketika pemain first baseman memungut bola, dan membantu pemain di belakang home plate.

5. Catcher (penangkap)

Catcher (Penangkap)
Catcher (penangkap)
Seorang Catcher memiliki daerah kekuasaan di antara home plate dan back stop. Tugas catcher yaitu menjaga home plate untuk mematikan pelari yang akan mencetak angka, menangkap bola yang dilempar oleh pelempar, serta melempar bola ke base satu, dua, dan tiga untuk mematikan lawan.


Posisi Memukul

Pemukul
Pemukul
Tim yang mendapat giliran memukul berusaha mencetak angka. Setiap tim harus mengumumkan daftar nama pemain dan urutan giliran memukul yang disebut daftar lineup. Daftar lineup tidak boleh diganti atau diubah selama jalannya pertandingan, tapi pemain yang terdaftar di dalam lineup bisa ditarik dan digantikan dengan pemain baru yang tidak ada di dalam daftar lineup. Pemain baru hanya bertindak sebagai pemukul pengganti (pinch hitter) bagi pemain yang digantikannya sedangkan urutan giliran memukul tidak berubah.

Pemain pemukul atau penyerang (batter) bertugas memukul bola untuk mencetak angka (run). Untuk itu, batter harus dapat memukul dengan baik dan lari ke base (base runner), kemudian menginjak atau menyentuh semua base secara berurutan untuk kembali ke home plate.


Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Budi Aryanto, Margono; editor, Ahmad Rithaudin; ilustrator, Bayu Aprianto.- Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Softball Tutorial, "Posisi Pemain Dalam Permainan Baseball"
  • id.wikipedia.org, "Bisbol"

Aturan lainnya: