Standar Ukuran Meja Billiard

meja billyard 8 kaki
Cabang olahraga Billyard dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari beberapa Jenis, antara lain jenis Carom, English Billiard dan Pool. Dapat dimainkan secara perorangan maupun tim.

Sebagai contoh, jenis Carom dimainkan di meja yang tidak memiliki lubang sama sekali. Ini berbeda dengan jenis English Billiard dan Pool yang dimainkan di meja yang memiliki lubang sebanyak 6 buah. Meski sama-sama memilki 6 buah lubang, ukuran atau luas meja antara English Billiar dan Pool pun berbeda, lebih luas meja jenis English Billiard.


Ukuran Meja Billyard menurut jumlah kaki meja

Ukuran meja billiard memiliki ukuran panjang dua kali dari lebarnya. Pengukuran meja dalam satuan kaki (foot), yaitu 9 kaki, 8 kaki, dan 7 kaki. Permukaan bermain billiard adalah empat persegi panjang berasio 2 : 1.

Dimensi Meja
  • Kaki meja 9 memiliki permukaan meja bermain 100 inci, besar 50 inci (254cm x 127 cm) dengan 1/8 inci (3.175 mm).
  • Kaki meja 8 permukaan meja bermain adalah 92 inci sebesar 46 inci (233,68 cm x 116,84 cm).
Ini adalah dua ukuran yang digunakan dalam turnamen Dunia – Worl Pool Billard Association.
  • Kaki meja 7 permukaan meja bermain adalah 76 inci dengan 38 inci ( 193,04 cm x 96,52 cm)


Ukuran Meja Billyard menurut jenis meja

1. Meja Billiard Carom

Permukaan meja untuk billiard Carom memiliki panjang 2,84 meter dan lebar 1,42 meter; dengan kelonggaran 5 mm. Umumnya tinggi meja ini adalah 75 - 80 cm. Di sisi meja ini tak ada lubang. Papan alas permainannya memiliki ketebalan 45 mm dan sering kali dipanaskan 5°C di atas suhu ruangan, agar papan tetap lembab sehingga bola dapat bergulir dan memantul dengan stabil. Dengan demikian permainan billiard akan lebih cepat selesai. Tradisi memanaskan papan alas permainan ini sebenarnya sudah lama dilakukan. Ratu Victoria (1819 - 1901) di Inggris selalu memanaskan papan billiardnya menggunakan pipa timah.


2. Meja Billiard Pool

Meja dengan 6 buah lubang di tepiannya ini dahulunya hanya memiliki 4 lubang sudut. Namun seiring berkembangnya billiard, 2 lubang tambahan pun dibuat agar permainan lebih menarik. Meja untuk billiard jenis pool datang dalam berbagai ukuran. Namun biasanya meja ini berukuran panjang 2,7 meter, 2,4 meter, atau 2,1 meter dengan masing-masing perbandingan 2: 1 dengan lebarnya. Setiap negara menggunakan ukuran meja yang berbeda-beda.

Lubang-lubang pada meja ini biasanya dilapisi dengan kain, kulit, atau plastik. Ukuran lubang ini menyesuaikan ukuran bola billiard, dengan diameter antara 51 - 57 mm. Papan alas permainan billiard pool memiliki ketebalan lebih dari 2,5 cm.
3. Meja Billiard English

Ukuran papan alas permainan meja ini adalah 356,9 cm x 177,8 cm dengan toleransi 13 mm. Namun di beberapa tempat, ukuran meja ini bisa lebih kecil, hingga 85,1 cm x 87,6 cm. Seperti meja untuk permainan billiard pool, meja ini memiliki 6 buah lubang; empat di sudut dan dua di sisi. Ukuran lubangnya sekitar 86 mm, tetapi ini tidak mutlak. Di beberapa ukurannya bisa lebih kecil; terutama di turnamen-turnamen billiard internasional. pasalnya, lubang yang lebih kecil membuat tingkat kesulitan permainan semakin tinggi.


Bahan Meja Billiard

Bahan yang digunakan untuk meja biliard berbeda-beda. Kualitas yang terbaik biasanya menggunakan granit atau lempengan yang tebal pada permukaan meja, yang berfungsi untuk mencegah permukaan yang tidak rata atau munculnya tonjolan-tonjolan atau bentuk-bentuk lain yang menganggu seiring perubahan cuaca dan tingkat kelembaban udara.

Permukaan meja, pada umumnya kemudian dialasi dengan kain khusus yang disebut billiard cloth berwarna hijau. Meski pada perkembangannya banyak juga yang menggunakan warna merah, biru, atau warna-warna lainnya dengan corak yang beraneka ragam pula. Meja billiard terdiri dari 4 komponen utama, yakni bantalan, papan tempat permainan, kain penutup papan, dan penanda.
  • Bantalan - Bantalan alias cushions terletak di dalam sisi tepian meja. Bantalan dibuat dari berbagai bahan dan desain. Umumnya, bantalan dibuat dari karet sintetis. Fungsi komponen ini adalah untuk mencegah bola billiard memantul keras ketika disodok dan membentur pinggiran meja.
  • Papan alas permainan - Papan ini, disebut juga bed, adalah area luas permukaan meja tempat berlangsungnya permainan billiard. Papan alas permainan billiard yang baik terbuat dari batu kapur yang kuat, biasanya diambil dari tanah Cina, Italia, atau Brazil. Jumlah batu kapur yang digunakan untuk membuat papan adalah antara 2 - 5 buah, tergantung dari besarnya ukuran papan.
  • Kain penutup papan - Kain penutup papan atau cloth adalah selembar kain yang melapisi bagian atas papan alas permainan. Kain ini biasanya berwarna hijau atau merah. Kain ini dibuat dari bahan wol atau nilon. Sebagian besar meja menggunakan kain penutup papan yang cukup tebal agar awet dan tidak mudah rusak meskipun sudah berkali-kali digunakan. justru meja billiard yang mahal terbuat dari jenis wol kasar. Tujuannya adalah agar bola dapat bergulir dengan cepat dan mulus.
  • Penanda - Penanda atau sights adalah segitiga kayu pengumpul bola dan garis-garis petunjuk yang digambarkan di atas papan meja biliard.

Sumber: 

-BIMBINGAN, Standar Ukuran Meja Billiard
-ANNEAHIRA.COM, Mengenal Meja Billiard 

Aturan lainnya: