Teknik Dasar Pukulan Billyard Untuk Pemula, Lanjutan

Trick Shot
Artrikel ini adalh lanjutan dari Artikel sebelumnya yang berjudul "Teknik Dasar Pukulan Billyard Untuk Pemula". Berikut ini beberapa istilah yang sering ditemukan saat bermain biliar:


1. Bank Shot

Bank Shot adalah pukulan yang dilakukan tidak secara langsung, yakni menggunakan ban atau cushion terlebih dahulu, baik untuk cue ball maupun bola sasaran.


2. Break Shot

Break Shot merupakan pukulan yang dilakukan di awal permainan untuk memecah posisi bola pada rack. setiap jenis permainan memiliki teknik break dan posisi bola putih yang berbeda.


3. Combination Shot

Combination Shot adalah apabila pemain berniat memasukkan bola dengan menggunakan bola lainnya, sehingga pukulan tidak langsung ke arah bola yang dituju di masukkan ke lobang.


4. Lagging

Lagging atau biasa juga disebut banking, adalah suatu metode menentukan siapa yang melakukan break di awal permainan, dimana kedua pemain melakukan satu pukulan lurus langsung ke bola tanpa sasaran, ke arah ban/cushion bagian atas meja dan bola yang di pukul harus kembali menyentuh atau mendekati cushion bawah meja, pemain yang bolanya lebih dekat dengan cushion bawah saat sudah berhenti, berhak melakukan break terlebih dahulu.


5. Missed Cue

Missed Cue adalah pukulan yang terpeleset dan mengakibatkan bola putih bergerak ke arah yang salah dan sering menyebabkan foul, biasanya akibat lupa mengoleskan chalk/ Kapur pada cue tip / stik atau akibat ayunan yang salah.


6. Safety Shot

Safety Shot merupakan pukulan yang dilakukan untuk menyulitkan lawan apabila posisi bola kurang menguntungkan dan perlu mengatur strategi bertahan dengan posisi cue ball dan bola sasaran pada posisi yang sulit untuk lawan.


7. Trick Shot

Trick Shot adalah teknik pukulan yang menghasilkan variasi pukulan yang unik dan tidak biasa, biasanya dipergunakan untuk eksebisi.

Sumber: Kevin Ringo's,  "13 Istilah Teknis Pukulan Dalam Biliar"

Aturan lainnya: