Teknik Lempar Cakram Beserta Gambarnya

cara memegang cakramArtikel yang berhubungan dengan lempar Cakram:

Tekhnik memegang cakram (Awalan)

Teknik memegang cakram yang benar adalah cakram diletakan pada telapak tangan kiri menghadap ke atas, kemudian tangan kanan menutup dari atas. jari-jari tangan kanan membuka dengan mengkaitkan jari-jari pada cakram menggunakan ruas jari yang pertama.

Gaya melempar cakram (Ayunan)

1. Gaya samping - Sikap permulaan berdiri miring/menyamping kearah sasaran, sesaat akan memulai berputar lengan kanan diayun jauh ke belakang, sumbu putaran pada kaki kiri (telapak kaki bagian depan atau ujung) selama berputar lengan kanan selalu di belakang, pada posisi melempar badan merendah lengan kanan di belakang pandangan ke arah sasaran, setelah cakram lepas dari tangan kaki kanan melangkah ke depan berpijak dibekas telapak kaki kiri yang saat itu telah berayun ke belakang.


2. Gaya belakang - Sikap pertama berdiri membelakangi arah lemparan sesaat akan berputar lengan kanan diayun jauh ke belakang pandangan mulai melirik ke kiri, saat mulai berputar ujung telapak kaki kiri sebagai sumbu dan tolakan kaki kiri itu pula badan meluncur ke arah lemparan, kaki kanan secepatnya diayun memutar ke kiri untuk berpijak, sesaat kaki kanan mendarat kaki kiri dengan cepat pula diayum ke kiri untuk berpijak dan terjadilah sikap lempar, setelah cakram lepas dari tangan kaki kanan segera diayun ke depan dan kaki kiri diayun ke belakang.
Teknik melempar cakram gaya belakang

Gerakan atau sikap akhir

Gerakan akhir atau sikap akhir adalah posisi setelah lepasnya cakram. Caranya yaitu dengan mengikuti putaran badan dan menjaga keseimbangan agar tubuh kita tidak jatuh atau terhuyung.

Referensi:

Aturan lainnya: