Manfaat Olahraga Polo Air

Polo air adalah olahraga air beregu, yang dapat dianggap sebagai kombinasi renang, gulat, sepak bola dan bola basket. Peraturan permainan ini menyerupai sepak bola, yaitu untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya, satu gol dihitung satu poin. Tujuan utama dari permainan polo air adalah memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke dalam gawang lawan.

Polo Air

Permainan ini hampir sama dengan permainan bola tangan, hanya saja permainan ini dilakukan di dalam air. Permainan polo air dimainkan oleh dua regu. Setiap regu terdiri atas 7 orang. Satu tim bertanding terdiri dari dari enam pemain dan satu kiper.

Seperti pada beberapa cabang olahraga lainnya, Polo air juga ternyata bermanfaat baik untuk kesehatan manusia. Di antara beberapa manfaat tersebut, seperti dikutip www.hellosehat.com adalah:
  1. Baik bagi jantung
  2. Membakar cukup banyak kalori
  3. Membangun daya tahan tubuh
  4. Membentuk otot
  5. Tidak bikin tubuh cepat lelah

1. Baik bagi jantung

Dikatakan baik untuk jantung, karena olahraga selama melakukan Polo air semua gerakannya membuat jantung terus memompa secara maksimal.

Asisten Dosen di program fisioterapi Singapore Institute of Technology, Benjamin Soon menyatakan, membuat jantung memompa lebih tinggi dari laju istirahatnya membantu mencegah penyakit jantung dan memperbaiki serta mengembalikan kerja jantung secara maksimal.

Dengan begitu, polo air menjadi latihan kardio yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.


2. Membakar cukup banyak kalori

Tidak bisa disangkal, olahraga polo air dilakukan di kolam renang yang berisi air. Saat bermain polo air kita akan mengerahkan seluruh tenaga untuk bertanding. Pasalnya, latihan yang satu ini tidak memperbolehkan pemainnya untuk menyentuh dasar kolam. Jadi kaki perlu terus bergerak selama permainan.

Gerakan yang konstan ini dapat membakar kalori secara maksimal hingga membantu menurunkan berat badan. Olahraga ini bisa membakar sekitar 10 kalori per menit. Namun, setiap orang berbeda-beda, berapa banyak kalori yang dibakar tergantung dengan kondisi fisiknya.


3. Membangun daya tahan tubuh

Mengapa olahraya yang satu ini bisa membangun daya tahan tubuh? karena olah raga ini sarat dengan gerakan atau latihan yang berat. Dengan demikian, saat melakukan aktivitas berat tertentu, Anda tidak mudah lelah dan kehabisan tenaga.

Dikutip dari Health Fitness Revolution, sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2001 menemukan fakta bahwa melakukan latihan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif yang bisa merusak sel-sel tubuh yang sehat.

Dapat disimpulkan bahwa olahraga polo air selain membangun daya tahan tubuh juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.


4. Membentuk otot

Otot yang terlihat bagus dan sehat dibentuk oleh gerakan yang yang konstan, sering dan terus menerus. Seperti dalam polo air, kelompok otot yang ada di seluruh tubuh yang jarang digerakkan pun menjadi terlatih dengan berbagai gerakan yang Anda lakukan seperti berputar, mengangkat tangan, dan juga menendang.

Jika Anda rutin melakukan latihan yang satu ini maka otot-otot kaki, pantat, pinggul, dan juga bahu akan terbentuk dengan sendirinya seiring dengan latihan rutin yang Anda jalani.


5. Tidak bikin tubuh cepat lelah

Berolahraga di air menjadi pilihan yang tepat karena tidak membuat suhu tubuh naik secara drastis. Pasalnya, air memberikan efek pendinginan yang bisa mencegah Anda agar tidak cepat lelah.

Oleh karena itu, polo air dan olahraga air lainnya membantu melatih tubuh untuk dapat berolahraga lebih panjang tanpa mudah lelah.