Peraturan Dasar Dalam Olahraga Polo Air

Polo air adalah olahraga air beregu, yang dapat dianggap sebagai kombinasi renang, gulat, sepak bola dan bola basket. Satu tim bertanding terdiri dari dari enam pemain dan satu kiper. Peraturan permainan ini menyerupai sepak bola, yaitu untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya, satu gol dihitung satu poin. Dalam permainan Polo Air ini terdapat beberapa peraturan yang harus diketahui oleh seluruh atlet Polo Air, berikut ini penjelasannya:

Lapangan kolam renang Polo Air

1. Ukuran Kolam - Dimensi kolam polo air tidak tetap dan dapat bervariasi antara 20 × 10 dan 30 × 20 meter. Kedalaman air minimum minimal 1,8 meter (6 kaki). Bagian tengah kolam ditunjuk oleh garis putih. Sebelum tahun 2005, kolam dibagi oleh 7 dan 4 meter garis (jarak keluar dari garis gawang). Kemudian digabung menjadi satu garis 5 meter sejak musim 2005-2006. Di sepanjang sisi kolam, area tengah antara garis 5 meter ditandai dengan garis hijau. Garis "lima meter" adalah tempat adu penalti ditembak dan ditetapkan oleh garis kuning. Garis "dua meter" ditandai dengan garis merah dan tidak ada pemain dari tim penyerang yang dapat menerima bola di dalam zona ini.

2. Ukuran Gawang - Tinggi gawang pada polo air diukur dari atas rata-rata air adalah 90 cm. Sedangkan lebarnya sekitar 90 cm.

3. Bola - Bola polo air umumnya berwarna kuning dengan ukuran dan berat bervariasi untuk junior, wanita dan pria.

4. Jumlah Pemain Polo Air
  • Setiap regu terdiri dari 7 orang pemain dengan 4 orang pemain cadangan.
  • Pemain tidak boleh melapisi badannya dengan minyak.
  • Setiap pemain harus memakai topi yang mempunyai nomor 1-14. Nomor 1 dan 14 (untuk penjaga gawang) dan nomor 2-13 (untuk pemain lapangan). Besarnya ukuran topi 10 cm pada bagian depan dan bagian belakang berwarna biru atau merah.

5. Waktu Permainan Polo Air - Permainan berlangsung selama 20 menit bersih yang dibagi menjadi 4 babak. Setiap babak 5 menit, dengan istirahat antar babak 2 menit. Pergantian gawang dari regu dilakukan setiap pergantian babak.

Sumber pustaka : Praktis Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/ Eli Maryani, Jaja Suharja Husdarta; editor, Dadan Ahmad Sobardan.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.