Sejarah Perkembangan Olahraga Polo Air di Dunia

Beberapa sumber menjelaskan bahwa Polo air berasal dari Inggris dan konon sudah ada sejak tahun 1800-an. Saat itu, polo air tidak dimainkan di kolam renang, tapi di sungai dan danau. Para pemain pun merupakan anak-anak yang tinggal di pedesaan dan suka berenang di sungai. Lama-lama, polo air berkembang menjadi salah satu cabang olahraga hingga dibuat peraturan dan fasilitas yang harus dipenuhi.

Polo air pertama kali dipertandingkan di acara olahraga pada Olimpiade 1900 di Paris, Perancis. Dikarenakan olahraga polo air rawan dengan adu fisik dan kekerasan. Maka organisasi olahraga air FINA membuat peraturan resmi untuk olahraga polo air.


Hingga kini, polo air menjadi cabang olahraga yang ada di setiap acara olahraga seperti di Asian Games, Sea Games, dan World Championship.


Sejarah Polo Air di Indonesia

Lambang Polo Air
Polo air sudah dikenal semenjak tahun 1908 dan berkembang di era tahun 1950 s/d 1960-an, di era ini perkembangan olahraga polo air Indonesia berkembang sangat baik sehingga cukup diperhitungkan di tingkat Asia bahkan di dunia. Tim polo air Indonesia banyak mengikuti event internasional seperti GANEFO, Kejuaraan Asia & Asian Games tahun 1954. 1958, 1962. 1966 dan terakhir Asian Games pada tahun 1970. Bahkan prestasi tim polo air Indonesia dapat dinilai sangat baik. Memasuki tahun 1980 sampai dengan tahun 1999 cabang olahraga ini tidak lagi diperhatikan, sehingga tidak berkembang dengan baik, Indonesia hanya mengirimkan tim polo air sebatas keikut sertaan di Sea Games. Baca Selengkapnya: "Sejarah Perkembangan Polo Air di Indonesia"