Sejarah Singkat Olahraga Permainan Bowling

pin bowling
Menurut para Ilmuwan, orang-orang Mesir sudah mengenal bowling sejak berabad-abad lalu. Hal tersebut terbukti dengan ditemukannya sejenis bola, pin dan peralatan lain untuk bermain bowling dipemakaman anak-anak Mesir yang berumur 5200 sebelum Masehi oleh para arkeolog.

Negara-negara di daratan Eropa Sudah mengenal permaianan ini sejak lama,  seperti Belanda, Inggris, dan Jerman.

Sebelum bernama bowling, permainan ini bernama "Dutch pins". Orang Belanda mengenal bowling dari orang-orang Inggris pada awal tahun 1100-an. Didaratan Eropa tidak hanya dua negara ini saja yang mengenal bowling, Jerman juga memiliki permainan sejenis. Dengan menggunakan bola dan 9 buah tongkat kayu yang disebut "Keglers", hingga saat ini kebanyakan orang Jerman menyebut pin dengan keglers.

Di Amerika permainan bowling memang sangat populer dari dulu hingga sekarang. Pada awal-awal kemunculan permainan ini juga memiliki pasang surut. Ada masa-masa dimana orang-orang mulai berjud! untuk permainan ini. Untuk beberapa waktu, bowling sempat dinilai sebagai suatu permainan terlarang yang melanggar hukum. Setelah perjalanan panjang baru sekitar tahun 1900-an bowling kembali diterima dimasyarakat sebagai bagian dari rekreasi. Bahkan di tahun 1895 Amerika membentuk sebuah organisasi resmi American Bowling Congress.

Di Amerika, olah raga bowling pertama kali dipopulerkan oleh orang-orang Belanda yang datang kesana pada tahun 1600-an. (Sumber: KASKUS)

Aturan lainnya: