Teknik Dasar Bermain Bowling Untuk Pemula

melempar bola bowling
Olah raga bowling merupakan salah satu olah raga yang memerlukan keakuratan tinggi dalam menjatuhkan semua pin atau istilahnya: strike, sama halnya dengan olahraga memanah ataupun menembak. Berikut ini Hal Mendasar yang Perlu Diketahui bagi Pemula untuk Bermain Bowling:


Memilih bola

Sebelum memulai pernainan sebaiknya anda memilih bola dengan ukuran lubang yang pas dengan jari-jari anda. Tangan Anda sebaiknya bisa masuk dengan pas ke dalam lubang bola. Tapi, jangan terlalu sempit sehingga nantinya Anda kesulitan untuk mengeluarkannya dengan cepat. Untuk memilih bola yang paling pas untuk Anda, lakukan ini: Masukkan jempol Anda lalu lebarkan jari-jari Anda yang lain di sekeliling bola. Ruas jari Anda harus segaris dengan bagian tengah lubang. Lalu, pilih bola paling berat yang masih bisa Anda ayunkan dengan baik.


Mengincar Strike

Hal yang paling diiinginkan oleh semua pemain bowling adalah menjatuhkan semua pin, maka dari itu mengincar Strike merupakan hal yang yang pertama menjadi acuan.

Jika Anda pengguna tangan kanan, posisikan bola di arah jam 6, sementara tangan kiri Anda di arah jam 8 untuk memberikan sokongan.

Jika anda kidal maka posisikan di arah jam 6 dan jam 4. Ambil ancang-ancang empat langkah di belakang garis, plus setengah langkah untuk nantinya meluncurkan bola. Gunakan tanda panah di lane bowling sebagai panduan.

Untuk mendapatkan sudut lemparan terbaik, arahkan bola di antara baris kedua dan ketiga dari seloka (gutter) itu merupakan tempat terbaik untuk menjatuhkan pin dengan reaksi berantai.


Persiapan akhir

Melangkahlah dengan cepat ke arah garis, tekuk sedikit lutut Anda, dimulai dari tangan dan kaki Anda yang dominan. Ketika maju ke depan, alihkan berat tubuh Anda ke kaki yang lain dan biarkan tangan Anda yang lain jatuh sehingga bola bisa mengayun mulus. Arahkan dengan bahu Anda lalu biarkan lengan Anda relaks dan mengayun kebelakang setinggi bahu Anda.


Menjatuhkan semua pin

Ketika bola ada di belakang badan Anda, meluncurlah untuk melakukan gerakan finishing. Ayunkan bola ke depan dan, ketika bola melewati pergelangan kaki Anda, putar bolanya sehingga ibu jari Anda menunjuk ke arah jam 10. Untuk mendapatkan efek putaran yang lebih bertenaga, putar tangan Anda dari arah jam 12 ke arah jam 10 tepat ketika bola mengayun melewati pergelangan kaki Anda. (Sumber: www.menshealth.co.id)

Aturan lainnya: