Pengertian Olahraga Boling

Seorang peboling menggelindingkan bola boling
'Bowling' atau biasa orang Indonesia menyebutnya 'Bola Gelinding' merupakan Olahraga permainann yang jarang sekali diajarkan di sekolah-sekolah tidak seperti olah raga lain yang lebih populer seperti Sepakbola, Voli, dan Basket. Namun meski demikian kita perlu mengetahui untuk menambah ilmu pengetahuan.


Pengertian
Bowling adalah jenis olahraga atau permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan bola khusus menggunakan satu tangan. Bola boling akan digelindingkan ke pin yang berjumlah sepuluh buah yang telah disusun menjadi bentuk segitiga jika dilihat dari atas.

Jika semua pin dijatuhkan dalam sekali gelinding (lemparan) maka itu disebut strike. Jika pin tidak dijatuhkan sekaligus maka diberikan satu kesempatan lagi untuk menjatuhkan pin yang tersisa. Bilamana pada lemparan kedua tidak ada lagi pin tersisa disebut spare. Jika setelah dua kali masih ada pin yang tersisa maka disebut open frame (missed) yang kesemuanya itu akan menentukan perhitungan angka yang didapat dalam setiap game. Pin akan kembali disusun seperti semula untuk frame selanjutnya.


Cara Menghitung Angka Dalam Permainan Boling

Setiap jenis olahraga ada aturan dan cara menghitungnya, hal ini berguna untuk mengtahui pemenang dan yang kalah dalam suatu permainan. Cara perhitungan angka untuk olahraga Bowling adalah:
  • Setiap permainan mempunyai 10 frame
  • Setiap frame mempunyai 2 kotak yang melambangkan dua kali kesempatan lemparan
  • Khusus pada frame ke 10 ada 3 kotak yang artinya bisa mempunyai kesempatan 3 kali lemparan
  • Skor tertinggi dalam setiap permainannya adalah 300 yang disebut perfect game
  • Setiap frame strike akan mendapatkan tambahan angka dari 2 lemparan selanjutnya, sedangkan untuk spare mendapat tambahan angka dari 1 lemparan selanjutnya.

Aturan lainnya: