Sejarah Renang Gaya Punggung

Renang Gaya Punggung
Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas.

Selain itu, gaya punggung diperlombakan pula pada olimpiade tahun 1912 di Stocholm. Pada waktu itu kompetisi renang dibagi menjadi tiga nomor pertandingan, yaitu gaya dada, punggung, dan gaya bebas baik level nasional maupun internasional. Orang-orang pada saat itu menggunakan gaya punggung dengan memakai kedua lengan memutar secara bersamaan atau double over arm dan menggunakan gerakan kaki gaya katak.


Adolf Kiefer

Adolph Gustav Kiefer (lahir 27 Juni 1918) adalah mantan perenang kompetisi Amerika, juara Olimpiade, mantan pemegang rekor dunia, penemu dan inovator produk baru yang terkait dengan kompetisi olahraga air. Dia adalah orang pertama di dunia yang mampu berenang sejauh 100 yard dengan gaya punggung dengan waktu kurang dari enam puluh detik.

Adolf Kiefer adalah orang yang telah berjasa melakukan perbaikan gaya katak. Sebagaimana yang diceritakan oleh Badruzaman (2007: 19), bahwa: ”Pada tahun 1934 seorang perenang bernama Adolf Kiefer melakukan perbaikan-perbaikan gaya sehingga menambah kecepatan dengan baik, maka dari itu gaya ini semakin digemari.


Artikel yang berhubungan dengan Renang Gaya Punggung

Aturan lainnya: