Ukuran Bola Sepak Bola Standar internasional

Bola Sepak
Bola adalah sebuah benda bulat yang dipakai sebagai alat olahraga atau permainan. Umumnya bola terisi dengan udara. Terdapat bermacam-macam bola mulai sesuai dengan fungsinya. Sepak bola adalah salah cabang olahraga yang menggunakan bola yang berbahan kulit atau bahan lainnya yang disetujui dalam turnamen. Ukuran bola harus memenuhi standar yang ditetapkan FIFA. Hal ini sangat penting bagi pemain untuk membuat tendangan yang akurat dan pada saat menggiring bola. Berikut ini kami sajikan tentang deskripsi bola dengan size / ukuran 5:


Diameter bola

Terdapat perbedaan Dimameter / garis tengah bola antara bola untuk lapangan luas dan untuk futsal. Untuk sepak bola di lapangan: 68.5 - 69.5 cm dan Untuk sepak bola Futsal: 68.0 - 70.0 cm


Berat Bola

Untuk sepak bola di lapangan: 420 - 445 grams dan Untuk sepak bola Futsal: 410 - 430 grams


Kebulatan Bola

Bentuk bola yang bulat sempurna sangatlah penting karena agar dapat menggelinding dengan normal, sehingga mempermudah pemain menggiring bola. Selain itu berfungsi pula pada saat bola ditendang di udara, putarannya akan stabil seperti yang diharapkan. Untuk sepak bola di lapangan: maximum 1.5% dan Untuk sepak bola Futsal: maximum 1.5%


Kemembalan Pantulan Bola

Pantulan standar sangat penting bagi pemain, terutama ketika menghentikan bola setelah mendapat umpan panjang dengan kaki, dada atau kepala. Jika bola tidak terpental seperti yang diharapkan, pasti akan cukup merepotkan pemain.

Untuk sepak bola di lapangan: 
Pada suhu 20 C: 135 - 155 cm
Pada suhu 5 C: minimum 125 cm
Maksimum perbedaan pantulan antara terendah dan tertinggi per bola: 10 cm.

Untuk sepak bola Futsal: 
55 - 65 cm


Penyerapan Air

Sebuah bola yang menyerap terlalu banyak air tidak akan menggelinding sangat jauh, dan pemain pasti akan kesulitan. Standar serapan air rata-rata dari bola yakni, air serapan maksimum per bola tidak melebihi 15%.


Tekanan Bola

Perlu diperhatikan bahwa sebuah bola harus memiliki tekanan yang tetap konsisten sepanjang pertandingan. Jika tidak, bola harus dipompa lagi sesegera mungkin dan yang jelas akan mengganggu permainan. (Sumber)

Aturan lainnya: