Tugas dan Wewenang Wasit dan Petugas Pertandingan Sepak Bola

hakim garis sepak bola
Dalam pertandingan profesional, terdapat 3 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan.


Wasit

Dalam sepak bola, wasit adalah pengatur pertandingan di lapangan. Wasit memiliki hak penuh selama pertandingan kepada seluruh pemain dan pelatih dan ofisial sebuah tim. Wasit juga memiliki perlindungan penuh dari Federasi Internasional Sepak Bola (FIFA) sebagai lembaga tertinggi sepak bola dunia atau dari lembaga sepak bola di suatu negara. Peran wasit sangat penting demi terselenggaranya sebuah pertandingan sepak bola dengan teratur.

Wasit memiliki peluit yang menandakan apakah saat berhenti atau memulai memainkan bola. Dia juga bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan.


Hakim garis

Dalam sepak bola, asisten wasit merupakan pejabat pertandingan yang bertugas membantu wasit dalam memimpin jalannya pertandingan. Dua orang asisten (dikenal juga sebagai hakim garis) berdiri di pinggir garis lapangan pertandingan, di mana wasit keempat membantu hal-hal yang bersifat administratif atau hal-hal lain terkait dengan pertandingan sesuai yang ditugaskan oleh wasit utama. Sementara, wasit kelima bertugas untuk menggantikan salah seorang asisten wasit (hakim garis) yang tidak dapat melanjutkan tugasnya.

Masing-masing penjaga garis bertanggung jawab mengawasi setengah bagian dari lapangan. Mereka membawa bendera dengan warna terang untuk menandakan adanya pelanggaran, bola keluar, ataupun offside. Biasanya mereka akan bergerak mengikuti posisi pemain belakang terakhir.

Hakim garis tidak menjadi penentu akhir dari setiap keputusan dalam pertandingan. Hakim garis hanya sebagai pemberi saran kepada wasit atas hal yang terjadi dalam pertandingan.

Petugas terakhir memiliki tugas untuk mencatat semua waktu yang sempat terhenti selama pertandingan berlangsung dan memberikan info mengenai tambahan waktu di akhir setiap babak. Petugas ini juga bertugas memeriksa pergantian pemain dan menjadi penghubung antara manajer tim dengan wasit. Dalam beberapa pertandingan, teknologi penggunaan video atau penggunaan orang kelima untuk menentukan ketepatan keputusan wasit mulai digunakan. Misalnya yang menentukan apakah suatu bola telah melewati garis atau apakah seorang pemain berada dalam keadaan offside ketika mencetak gol.

Aturan lainnya: