Pengertian Luar Posisi (Offside) Dalam Sepak Bola

Artinya pemain penyerang berada pada posisi lebih dekat ke gawang lawan dari pada pemain bertahan lawan sebelum bola diumpan oleh rekannya. Jika pemain melanggar offside, team B pada perumpamaan diatas akan mendapatkan tendangan bebas tetap di tempat kejadian.

Luar posisi (bahasa Inggris: offside) terjadi jika seorang pemain diberikan bola ketika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibanding posisi pemain lawan. Biasanya luar posisi digunakan para pemain belakang sebagai bagian dari taktik untuk menjebak lawan.

Faktor yang dapat menggagalkan pemain terkena offside walaupun berada pada daerah offside dengan tidak mengambil bola atau tidak aktif dan saat teman mengoper kita, berdirilah di luar lapangan (jika kita berada di luar lapangan, kita dianggap tidak aktif ) dan masuk ke dalam lapangan mengejar bola.
Luar Posisi (Offside)

Pada contoh gambar terlihat striker biru di sebelah kiri sedang dalam posisi offside apabila pemain yang sedang menguasai bola mengoper kepada sang striker. Tetapi, apabila pemain yang sedang menguasai bola melakukan penetrasi dengan dribel sampai di samping sang striker biru, maka itu bukanlah luar posisi.


Sumber: