Pengertian dan Penemu Pertama Sepatu Roda

Sepatu roda adalah alat orahraga untuk digunakan dipermukaan yang rata berupa sepatu yang dipasangi roida di bagian bawahnya. Sepatu roda menjadi sebuah kegiatan rekreasi serta olahraga, dan juga dapat menjadi bentuk transportasi. Faktanya, ketika Amerika Serikat bersiap untuk Perang Dunia II, pemerintah menyambut gagasan untuk menambahkan sepatu roda sebagai peralatan penting untuk memindahkan infanteri keliling Eropa untuk menghemat bensin.
Sepatu Roda
Sepatu roda umumnya terdiri dari tiga varietas dasar yaitu : sepatu roda quad, sepatu roda inline atau bilah dan sepatu roda tiga, meskipun beberapa telah bereksperimen dengan "roda intisari" roda tunggal atau variasi lain pada desain sepatu roda dasar.

John-Joseph MerlinDi Amerika, hobi ini  pertama kali paling populer di tahun 1935 dan awal 1960-an dan kemudian pada tahun 1970-an, ketika roda poliuretan dibuat dan gelanggang musik yang berorientasi musik disko digemari dan kemudian pada 1990-an ketika in-line skating outdoor. Kita patu berterima kasih untuk perbaikan yang dilakukan pada sepatu roda inline pada tahun 1981 oleh Scott Olson.


Penemu Sepatu Roda

Sepatu Roda karya John Joseph MerlinJohn Joseph Merlin adalah seorang penemu Belgia yang terkenal karena telah menemukan sepatu Roda pertama kali, meski temuannya belum sempurna karena sulit untuk dikendalikan.

Penemu bernama John Joseph Merlin pertama kali mematenkan Sepatu roda di Belgia pada tahun 1760. Sepatu roda yang yang dibuatnya mirip dengan ice skate, dilengkapi dengan roda yang berbaris layaknya blade pada ice skate pada umumnya. Saat ini sepatu roda dengan jenis itu diberi nama sepatu roda inline. Sayangnya, sepatu roda ini sulit untuk dikendalikan karena tidak memiliki rem sehingga tidak bisa berhenti ketika digerakkan. Sumber: "Biografi John Joseph Merlin, Penemu Sepatu Roda"