Mengenal Permainan Sepak Bola Rugby

Pemain

Untuk bermain rugby, setiap tim harus memiliki sebanyak 15 orang pemain. Tetapi untuk saat sekarang, permainan rugby 7 dan 10 sebelah semakin meningkat populer. Ada dua kelompok pemain. Kelompok pertama disebut "forwards" yang terdiri dari delapan pemain. Kelompok kedua disebut "queus" yang terdiri dari tujuh orang pemain.

Pemain akan mencoba mendapatkan bola bentuk oval dan mencoba melewati garis gol lawan yang disebut "try-line". Jika berhasil membawa bola melewati garis gol lawan dan menyentuh bola ditanah, tim tersebut mencetak 5 poin. Setelah tim sukses mencoba, mereka diberi pula "conversion". Seorang pemain yang diberi julukan "fly half" adalah mahir menendang dalam tim itu dan akan menendang bola dan melewati palang gol.

Menendang Bola Rugby

Keselamatan

Di dalam permainan rugby ini, keamanan adalah antara fitur-fitur penting yang perlu dititikberatkan selain peraturan dan teknik permainan. Sebelum memulai permainan, sebaiknya peraturan permainan Rugby perlu dipelajari untuk menghindari penggunaan teknik-teknik yang salah saat bermain di atas lapangan. Ada juga pelindung tubuh yang bisa dipakai saat bermain Rugby. Antaranya seperti headgear untuk melindungi kepala, pelindung bahu dan dada, pelindung siku dan lutut dan pelindung gigi.

Selain itu, teknik yang benar dalam permainan ini penting untuk menghindari cedera parah. Saat mencapai lawan, bagaimana akses di buat, daerah mana akses dilakukan, semua itu adalah penting untuk menghindari pihak dari terluka. Pendidikan awal untuk olahraga ini adalah sangat penting, karena banyak yang salah anggap dengan permainan ini, dan hanya bermain dengan membuta tuli dan berikutnya telah menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan terjadi seperti cedera patah bahu atau tangan.


Pakaian

Pakaian yang biasa digunakan adalah jersey ramah lingkungan yang terbuat dari bahan yang kuat. Antara produsen jersey yang terkenal adalah seperti Adidas, Canterburry, Hasbro dan banyak lagi. Tetapi kini, ada merek lain seperti Gilbert, Kooga Selain itu, pemain rugby akan memakai sepatu yang memiliki stad di situs seperti sepatu bola. Terbagi ke 2 jenis yaitu 6 stad untuk bagian forward dan 8 stad untuk backline. Ini adalah dengan tujuan untuk bermain di atas lapangan berumput agar tidak tergelincir atau sebagainya. Dilengkapi dengan stoking, pemain rugby ini biasanya memakai celana pendek atau panjang dari bahan yang tahan lama juga. Rugby juga terkenal dengan body armor atau body tight sejenis baju tipis yang ketat dipakai sebelum menyarung jersey. Tujuannya adalah untuk menghindari goresan dengan kulit badan akibat jatuh atau terseret di lapangan.  (Sumber: id.wikipedia.org)