4 Teknik Paralayang Bagi Pemula

Paralayang adalah salah satu olahraga yang menantang adrenalin kita. namun bukan cuma keberanian dan 'Nekad' yang dimiliki untuk bisa melakukan kegiatan Paralayang ini. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan olahraga di alam bebas ini dapat dinikmati dan tentu saja aman untuk dilakukan.

Berikut ini kami rangkum empat hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan kegiatan olahraga Paralayang.

 Paralayang

1. Cara lepas landas dan mendarat

Peraturan dasar yang harus dikuasai oleh seseorang sebelum melakukan Paralayang adalah teknik lepas landas dan pendaratan. Dalam melakukan kedua hal tersebut, seorang paralayang harus menggunakan kaki pada saat lepas landas maupun juga ketika ia mendarat. Dengan kata lain, kaki merupakan sebuah bagian terpenting yang harus digunakan atau lebih aktif dibandingkan dengan tangan.

Ketika seorang atlet paralayang lepas landas, ia harus menggunakan kakinya sebagai penopang dan ketika ia mendarat pun harus menggunakan kakinya yang nantinya juga berfungsi sebagai rem untuk memperlambat laju dari parasut tersebut agar tidak terus terbang.


2. Mengetahui arah dan tekanan angin

Angin merupakan bagian terpenting dari olahraga paralayang, karena akan berfungsi sebagai penggerak parasut dan atlet paralayang itu sendiri. Dengan demikian, sebelum terbang atau lepas landas, para atlet paralayang harus mengetahui arah mata angin terlebih dahulu. Dengan mengetahui arah mata angin, anda bisa menentukan apakah anda benar-benar bisa dan aman untuk lepas landas atau tidak.

Jika pada waktu itu tekanan angin besar, maka akan membuat altet terbang lebih tinggi dan bahkan bisa berkeliling ke beberapa tempat. Namun jika tekanan angin kecil dan bahkan terlalu kecil, kemungkinan besar altet tidak akan diberikan izin untuk lepas landas karena dikhawatirkan malah dapat membahayakan kondisi anda.


3. Berlatih cara mendarat yang tepat

Bila anda ingin menjadi seorang atlet paralayang profesional baik nasional maupun internasional maka anda harus bisa menguasai cara melakukan pendaratan dengan tepat. Pendaratan yang tepat adalah mendarat dengan baik pada titik pendaratan yang telah ditentukan.

Untuk bisa memiliki kemampuan pendaratan yang mumpuni, maka caranya adalah dengan banyak berlatih mendarat. Hal ini membutuhkan waktu yang cukup banyak, oleh karena itu buatlah jadwal berlatih. Dengan mendarat di titik yang telah ditentukan maka seorang atlet bisa mendapatkan skor yang tinggi dalam suatu pertandingan/lomba.


4. Kondisi tubuh yang selalu fit

Untuk mendapatkan kondisi tubuh yang fit / prima, seorang atlet paralayang selalu melakukan latihan fisik untuk tubuh dengan meluangkan waktunya dengan melakukan jogging maupun berlari.