5 Kategori dan 15 Tingkatan Pencak Silat Tapak Suci

Dalam perguruan pencak silat Tapak Suci terdapat tiga kategori tingkatan yakni Siswa, Kader, dan Pendekar. Dari masing-masing kategori tersebut terdapat lima tingkatan. Berikut ini penjelasan lengkapnya

Kategori Siswa

Kategori, Jenjang pendidikan dasar Siswa Tapak Suci
Sabuk pada kategori SISWA
SISWA adalah sebutan untuk jenjang pendidikan dasar pada Perguruan. Masa pendidikan dan pelatihan (diklat) pada jenjang SISWA ditempuh sekurang-kurangnya selama 6 (enam) bulan per tingkat. Evaluasi akhir berupa Ujian Kenaikan Tingkat.

Dalam Kategori Tingkatan siswa ditandai dengan adanya sabuk warna kuning. Masing-masing tingkatan dibedakan dengan jumlah bunga mawar berwarna cokelat (logo) yang berbeda. Jenjang SISWA memiliki Warna Dasar Sabuk Kuning Medium dengan Ukuran: Lebar = 8 cm, Panjang = 2,5 m. Warna Dasar Tanda Tingkat: Kuning ; Warna Melati: Cokelat. ; Warna Putik: Kuning.
  1. Siswa Dasar (Sabuk Kuning polos)
  2. Siswa Satu (Sabuk Kuning Melati Satu)
  3. Siswa Dua (Sabuk Kuning Melati Dua)
  4. Siswa Tiga (Sabuk Kuning Melati Tiga)
  5. Siswa Empat (Sabu Kuning Melati Empat)

Kategori Kader

Kategori, Jenjang pendidikan dasar Kader Tapak Suci
Sabuk pada kategori KADER
KADER adalah jenjang bagi seseorang yang telah selesai dan dinyatakan lulus menempuh pendidikan dan pembinaan pada jenjang SISWA. Pendidikan dan latihan ditempuh sekurang-kurangnya selama 1 tahun per tingkat.

Dalam Kategori Tingkatan Kader ditandai dengan adanya sabuk warna biru. Masing-masing tingkatan dibedakan dengan jumlah bunga mawar berwarna merah (logo) yang berbeda. Warna Dasar Sabuk: Biru ; Ukuran: L=8 cm. P=2,5 m. ;Warna Dasar Tanda Tingkat: Biru ; Warna Melati: Merah.; Warna Putik: Kuning.
  1. Kader dasar (Sabuk Biru Polos)
  2. Kader Muda (Sabuk Biru Melati Merah Satu)
  3. Kader Madya (Sabuk Biru Melati Merah Dua)
  4. Kader Kepala (Sabuk Biru Melati Merah Tiga)
  5. Kader Utama (Sabuk Biru Melati Merah Empat)

Kategori Pendekar

Kategori, Jenjang pendidikan dasar Pendekar Tapak Suci
Sabuk pada kategori PENDEKAR
PENDEKAR adalah jenjang tertinggi dalam tingkat sabuk di Perguruan TAPAK SUCI. Pembinaan dan Pengembangan Pendekar diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat. Setiap dua tahun sekali, evaluasi akhir dilakukan dalam bentuk Ujian Kenaikan Tingkat.

Dalam Kategori Tingkatan Kader ditandai dengan adanya sabuk warna hitam. Masing-masing tingkatan dibedakan dengan jumlah bunga mawar berwarna hitam di atas dasar merah (logo) yang berbeda. Jenjang PENDEKAR Warna Dasar Sabuk: Hitam ; Ukuran: L=8 cm. P=3 m. Warna Dasar Tanda Tingkat: Merah. ; Warna Melati: Hitam. ; Warna Putik: Kuning Jenjang
  1. Pendekar Muda (Sabuk Hitam Melati Merah Satu)
  2. Pendekar Madya (Sabuk Hitam Melati Merah Dua)
  3. Pendekar Kepala (Sabuk Hitam Melatih Merah Tiga)
  4. Pendekar Utama (Sabuk Hitam Melati Merah Empat)
  5. Pendekar Besar (Sabuk Hitam Melati Merah Lima)

Didalam Tapak Suci juga dikenal adanya PENDEKAR KEHORMATAN, pendekar kehormatan diberikan kepada anggota kehormatan Tapak Suci atas keputusan pimpinan pusat Tapak Suci yang ditandai dengan sabuk hitam dengan melati hitam diatas dasar hijau.


Sumber: