Pendiri dan Sejarah Pencak Silat Bakti Negara

Logo/lambang  Bakti Negara
Logo/lambang  Bakti Negara
Dikutip dari situs Wikipedia, Silat Bakti Negara adalah salah satu aliran pencak silat yang dirintis oleh pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai namun secara resmi didirikan pada 31 Januari 1955 di Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar, Bali oleh para pendekar Bali yakni Ida Bagus Oka Dewangkara, Pendekar Ida Bagus Oka Sahadewa, Pendekar Bagus Made Rai Keplak, Pendekar Anak Agung Rai Tokir, Pendekar Anak Agung Meranggi, dan Pendekar Sri Empu Dwi Tantra.

Namun beberapa sumber menyebutkan bahwa Bakti Negara dibentuk pada 31 Januari 1955 di Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar, Bali oleh empat pendekar mantan pejuang kemerdekaan Indonesia: pendekar Anak Agung Rai Tokir, I Bagus Made Rai Keplag, Anak Agung Meranggi, Sri Empu Dwi Tantra, dan Ida Bagus Oka Dewangkara.

Bakti Negara adalah aliran dan perguruan pencak silat Bali yang berpedoman pada ajaran Hindu Dharma masyarakat Bali Tri Hita Karana. Pencak silat Bakti Negara sebenarnya berakar pada pencak silat dari tanah Jawa, seperti Cikaret, Cikalong, serta Sitembak. Namun, dalam perkembangannya unsur unsur Bali pun teramu kental, sehinga memiliki ciri khas tersendiri yang agak berbeda dengan akarnya. [Berbagai sumber]

Aturan lainnya: