Bentuk Seragam Tapak Suci

Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau disingkat Tapak Suci, adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Seragam Tapak Suci pertama kali dirancang oleh Zundar Wiesman dan Anis Susanto pada saat Tapak Suci didirikan di tahun 1963. Melalui Konpernas I Tapak Suci tahun 1966 di Yogyakarta, Seragam ini dibakukan dan dikukuhkan menjadi Seragam Tapak Suci. Warna dan bentuk Seragam itu tetap dipertahankan dan digunakan sampai sekarang.


Bentuk Seragam

Baju: Bentuk Kurung, ukuran panjang lengan 8 cm di atas pergelangan tangan dan melebar di ujung lengan. Baju untuk puteri lebih panjang (menutupi/dibawah bokong), daripada baju untuk putera. Pesilat puteri menggunakan baju kaos di dalam seragam, sedangkan pesilat putera tidak. Selain itu puteri wajib mengenakan Jilbab berwarna hitam pada saat mengenakan Seragam.

Celana: Panjang celana 8 cm dari mata kaki, dan melebar di ujung kaki. Warna: Baju dan celana berwarna merah, dengan strip kuning pada leher, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki. Ukuran strip: 3 cm, dipasang 1,5 cm dari tepi luar.  (Sumber)

Aturan lainnya: