Latar Belakang Jurus Persinas ASAD

Jurus 5 Persinas ASAD
Persinas ASAD merupakan perguruan silat yang dilatarbelakangi oleh beberapa aliran silat di Indonesia. Persinas ASAD memiliki 10 jurus, Jurus 1-7 adalah jurus tangan kosong, jurus 8 jurus golok, jurus 9 jurus toya, jurus 10 jurus trisula.

Jurus Persinas ASAD terdiri atas beberapa rangkaian gerakan yang hampir sebagian besar bukan diambil dari gerakan dasar. Bwerikut ini Aliran silat yahng melatarbelakangi jurusPersinas ASAD:
  1. Aliran Cimande, yang berjuluk Cimande Tari Kolot, Aliran silat yang berasal dari tanah Pasundan ini diadopsi oleh Persinas ASAD untuk memperkaya khasanah seni pencak silat di dalamnya. Adapun Persinas ASAD memperoleh ilmu seni beladiri ini dari proses berguru kepada Bapak H. Rachmat Ace Sutisna.
  2. Aliran Silat Karawang, yang berjuluk Singa Mogok, Silat asal Karawang – Jawa Barat ini diperoleh dari proses berguru langsung kepada Bapak H. Sulaiman.
  3. Aliran Silat Indramayu, Silat Indramayu ini pun diperoleh dari proses berguru langsung kepada guru besarnya, yakni Bapak Ahmad.

Untuk menciptakan kaidah seni dan jurus yang baku saat ini, maka dewan guru/pelatih Persinas ASAD meramu atau merumuskan dari apa yang mereka peroleh. Adapun cabang ilmu pencak silat yang berhasil dikumpulkan dan dikolaborasi, dimana selanjutnya menjadi bahan dasar terbentuknya kaidah seni dan jurus Persinas ASAD yang saat ini telah baku, adalah sebagai berikut:


CIMANDE TARI KOLOT (BOGOR)
  • Kelid Duduk (33 jurus)
  • Kelid Berdiri (33 jurus)
  • Pepedangan (17 jurus)

Gerakan Seni / Kembangan:
  • Tepak Satu; selancar hiburan/atraksi (angka 8) dan selancar massal.
  • Tepak Dua
  • Tepak Tiga / Tilu

SILAT KARAWANG SINGA MOGOK (7 jurus)
 

SILAT INDRAMAYU (9 jurus)


Aturan lainnya: