Peralatan Yang Dipakai Pada Olahraga Golf

Terdapat tiga peralatan utama diperlukan dalam olahraga permainan Golf yakni Stik golf, Bola golf, dan Tee.
 

Stik golf

Stik adalah alat yang digunakan untuk memukul bola Golf menuju arah byang diinginkan. Dalam suatu turnamen Golf, jumlah Stik yang ada di dalam golf bag seorang pemain dibatasi maksimum 14 buah, yang terdiri dari:
  • 3  wood : No.1 (biasa disebut driver, pukulan pertama), no 3 dan 5.
  • 7 iron: No. 3 - 9
  • 1 iron pitching wedge : untuk jarak dekat
  • 1 iron sand wedge : untuk di pasir
  • 1 putter : untuk putting di green.


Jenis Stik Golf

Ada tiga tipe stik golf (club) yang merupakan perlengkapan dasar untuk permainan golf. yaitu: wood, iron, dan putter.


Wood

Wood
Wood
Wood digunakan untuk pukulan jauh, termasuk driver (wood no 1) untuk kepeluan tee-shot. Jenis pertama dari club golf adalah wood. Head Club golf pada awalnya dulu berbahan dasar kayu namun saat ini Head Club golf ini tidak terbuat dari bahan kayu lagi, namun terbuat dari logam berongga, bisa titanium atau baja.

Club golf wood  dirancang untuk menghasilkan jarak terbesar dengan setiap stroke. Dari 14 klub dalam satu set standar, woods membuat kurang dari setengah.

Klub golf wood biasanya digunakan pada bagian untuk pukulan lurus dan panjang ke lapangan golf, karena karakternya memungkinkan untuk jarak jauh namun dengan akurasi yang tidak seakurat jenis stick yang lain.
Akurasi ini tentu bukan titik kuat dari woods, dan biasanya dibutuhkan latihan yang rutin supaya bisa menjaga bola di lapangan supaya tetap lurus.


Iron

Stik golf Iron
Iron
Iron digunakan untuk pukulan menengah, mengincar area green (tempat hole). Iron merupakan klub golf yang paling sering digunakan dalam permainan golf.

Irons jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan 2 jenis klub yang lain sehingga jenis klub ini biasanya selalu dalam jumlah yang terbanyak dari klub di yang ada di tas Pegolf.

Iron masih bisa mencapai jarak yang cukup besar namun tidak bisa sejauh woods. Semua tergantung dari material besi yang digunakan, Pegolf masih bisa mempunyai tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi dan bisa memukul bola sesuai dengan jarak yang diinginkan.

Iron biasanya dimulai dari no 3 sd 9 plus P (Pitching), Iron 3 yang paling panjang shaftnya dan memiliki sudut kemiringan permukaan yang kecil, makin besar nomor ironnya  makin pendek shaftnya dan memiliki sudut kemiringan permukaan yang makin besar


Putter

Putter
Putter
Putter merupakan jenis stik yang digunakan untuk keperluan membuat goal memasukkan bola di green.

Klub golf putter di dalam tas golf standar biasanya hanya berisi salah satunya. Jenis klub ini biasanya  digunakan pada putting green pada akhir kursus, ataupun pada bagian lain dari program yang memerlukan akurasi halus.

Jenis klub putter dirancang khusus untuk  menjadi klub dengan akurasi yang sangat tinggi dan jarak yang paling pendek yang biasanya hanya mempunyai jarak beberapa meter dari target.

Bola yang dipukul menggunakan putters tidak bertujuan untuk terbang di udara namun sebaliknya putters hanya mendorong ringan di tanah di mana mereka akan menggulung dengan lembut ke target.

Bisa dibilang puting ini adalah bagian yang paling penting dalam permainan golf, sehingga merupakan ide yang baik untuk lebih sering berlatih dan mendapatkan putter bagus.


Bola golf

Bola GolfPada mulanya, bola golf adalah bola dari kayu. Pada abad ke-17, bola kayu digantikan dengan bola dari bulu angsa yang dibungkus kantong pembungkus dari kulit sapi. Bola dipres ketika bulu angsa dan kantong pembungkus masih basah lalu dijahit dan dicat. Sesudah kering, kantong kulit menyusut dan bulu angsa mengembang sehingga dihasilkan bola yang keras.

Bola golf makin tahan lama dipakai setelah ditemukannya bola getah yang disebut gutty karena dibuat dari getah perca (bahasa Inggris: gutta percha) yang dipanaskan. Kepopuleran bola golf gutty berlangsung dari tahun 1848 hingga 1890-an. Kelenturan bola getah memungkinkan dipakainya stik golf dengan kepala stik dari besi.

Sebagai pengganti bola golf gutty adalah bola golf dengan inti dari karet yang diciptakan pada tahun 1898 oleh Coburn Haskell bekerja sama dengan BF Goodrich Company.

Inti bola berupa karet padat yang dibungkus benang-benang karet sebelum dilapis dengan getah perca. Bola golf dengan inti dari karet menggantikan bola getah pada tahun 1899. Setelah Walter Travis memenangi kejuaraan golf amatir Amerika Serikat dengan bola golf dengan inti dari karet, bola golf dari getah perca tidak dipakai lagi.

Hingga kini, bola golf masih dibuat dari inti karet padat yang komposisinya merupakan rahasia dagang produsen. Benang karet dililitkan mengelilingi inti sebelum dibungkus dengan getah balata. Sekarang ini juga dibuat bola golf berlapis polimer seperti Syrlin yang membuat bola golf lebih tahan lama dibandingkan bola golf berlapis balata.


Ukuran Bola Golf
  • Diameter bola golf: minimum 42,67 mm
  • Massa bola golf (Berat bola golf): lebih dari 45,93 gram.
  • Bentuk: Permukaan bola Golf  tidak rata atau cekung-cekung. 
Permukaan yang cekung tersebut bertujuan agar jarak yang ditempuh bola dapat lebih jauh. Menurut perancang bola golf, bola dengan permukaan yang rata hanya akan terlontar paling jauh sekitar 119 meter.

Bola serupa dengan cekungan-cekungan yang sesuai dapat mencapai dua kali lipat jarak itu. Cekungan tadi berguna untuk mengurangi daya hambat udara sehingga dapat memberi kemampuan pada bola golf untuk meluncur lebih jauh.

Tee
Tee

Shaft

Shaft (tangkai) digunakan di antara grip dan kepala club.


Peralatan lain
Pegolf memakai sepatu khusus untuk golf dan mengenakan sarung tangan pada tangan sebelah kiri. Ada pula tee (pasak) yang digunakan untuk melakukan tee shot di atas teeing ground.


Sumber:
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Golf#Tipe_pukulan_dalam_golf
  • http://mengenalgolf.blogspot.co.id/2013/04/memahami-jenis-dasar-dari-klub-golf.html
  • http://yupazq.blogspot.co.id/2010/11/mengapa-bola-golf-berisi-cekungan.html

Aturan lainnya: