Jumlah dan Tugas Pemain Hoki

Pemain Hoki
Tim Hoki Australia
Hoki lapangan adalah permainan hoki yang dimainkan oleh dua tim yang masing masing tim berjumlah sebelas (11) Orang. Permainan ini menggunakan bola di atas lapangan atau rumput, atau lapangan rumput sintetis. Permainan ini dimainkan oleh pria dan wanita. Masing masing pemain memiliki peran, fungsi atau tugas yang berbeda seperti yang dijelaskan di bawah ini.


Striker (Penyerang)

Tugas dari Penyerang adalah melancarkan serangan, dalam aksinya diperlukan kerjasama dengan pemain sayap. Striker Dalam (inner) posisinya di tengah lapangan.


Sayap kiri/kanan

Pemain sayap fungsinya sama dengan penyerang. Pemain sayap membawa bola ke garis tepi atau belakang dan mengarahkan bola ke dalam petak D untuk mencipta peluang gol.


Pemain tengah

Pemain tengah bertugas menyerang dan bertahan. Dalam aksinya, pemain ini bekerjasama dengan penyerang dan pertahanan. Ia berperanan mengatur bola dari pertahanan kepada penyerang untuk mencipta peluang gol.


Pertahanan / Sweeper

Pemain ini bertugas bertahan di daerah permainan sendiri. Berperanan mengeluarkan bola dari Petak D dengan mengoper bola kepada pemain tengah. Mereka merupakan barisan terakhir sebelum penjaga gawang.


Penjaga gawang
   
Penjaga gawang bertanggungjawab menghalangi setiap bola yang akan masuk ke gawang. Dalam aksinya kebanyakan ia menggunakan badan untuk menghadang bola yang masuk di daerah D, dan di luar Petak D. Ia juga memiliki stik seperti pemain lain untuk menghalau bola.

Sumber: http://g2hoki.blogspot.co.id/2011/03/posisi-peranan-pemain.html

Aturan lainnya: