Sejarah Olahraga Hoki

Hoki lapangan
Melihat dari asalnya, terdapat dua tempat sumber asal-usul olahraga permainan Hockey, yaitu Persia Kuno dan Mesir Kuno. Ini dapat dilihat dari relief adegan permainanan stik dengan bola yang terdapat pada tembok kuburan di Lembah Raja dekat Bani Hasan di Mesir Kuno.

Masa kini di berbagai tempat terpencil di Mesir, permainan kuno ini masih dimainkan, dengan menggunakan stik dari pelapah palem dan bola keras, nama permainan ini yaitu hoksa.

Dari Mesir, hoksa menyebar ke suku Arab dan bagian lain Afrika Utara, serta mungkin melalui Kreta ke Yunani. Suku Arab menyebutnya dahwa dan dimainkan dengan bola kayu. Suku Bahuka di Afrika menyebutnya thepu dan dimainkan dengan bola karet.


Hoki Modern

Inggris adalah negara yang mendapat kehormatan sebagai tempat lahirnya hoki modern. Pada tahun 1800 sebuah almanak mencatat adanya permainan ini dan namanya  pun sudah hockey. Dapat diartikan bahwa hockey mungkin berasal dari kata hook (bagian stick yang bengkok).

Induk organisasi hoki pertama terbentuk tahun 1886 di Inggris dengan nama English Hockey Association. Sejak sekitar tahun 1890 hoki menyebar ke daratan Eropa. Tiap Negara menyusun peraturan permainan nasionalnya sendiri, walaupuin intinya diambil dari peraturan permainan IHB tersebut.

Aturan lainnya: