6 Jenis dan Teknik Pukulan Dalam Golf

Pukulan Dalam Golf
Terdapat beberapa Tipe pukulan Golf yang merupakan istilah yang berlaku dalam olahraga permainan Golf. Berikut ini rinciannya...

1. Tee shot. Adalah pukulan pertama dari teeing ground. Tee shot biasanya dilakukan dengan menggunakan driver (misalnya 1-wood) untuk hole yang panjang atau iron pada hole yang lebih pendek.

2. Fairway shot. Stik golf jenis iron atau wedge biasa digunakan untuk melakukan pukulan ini.

3. Bunker shot. Pukulan ini dilakukan jika bola mendarat di atas bunker. Pukulan ini biasanya menggunakan sand wedge.

4. Punch atau knockdown. Adalah pukulan rendah yang dilakukan untuk menghindari cabang pohon atau angin yang kuat di atas.

5. Putting. Adalah pukulan yang dilakukan di atas green dan menggunakan putter dan bagi sebagian besar pegolf merupakan pukulan tersulit.

6. Approach shot. Adalah pukulan yang dilakukan untuk mendekatkan bola ke green. Pukulan ini biasanya dilakukan pada jarak yang sedang atau dekat. Tipe approach shot terdiri dari 3 jenis:
  • Pitch. Adalah approach shot yang menerbangkan bola ke atas green atau dekat green. Pitch shot biasa dilakukan dengan menggunakan iron 6 hingga lob wedge.
  • Flop. Adalah approach shot yang lebih tinggi lagi dan langsung berhenti sesaat setelah menghantam tanah. Pukulan ini dilakukan ketika pemain harus menghadapi rintangan untuk mencapai green. Flop biasa dilakukan dengan menggunakan stik golf sand wedge atau lob wedge.
  • Chip. Adalah approach shot yang rendah ketika bola terbang rendah dan kemudian bergulir mengarah ke green.
(Sumner: Wikipedia)

Aturan lainnya: