Pembagian Gulat Menurut Umur

Gulat adalah kontak fisik antara dua orang, di mana salah seorang pegulat harus menjatuhkan atau dapat mengontrol musuh mereka. Teknik fisik yang ditunjukkan dalam gulat adalah joint lock, Clinch fighting, Grappling hold, dan Leverage. Teknik ini dapat menyebabkan luka yang serius. Banyak gaya gulat yang diketahui dunia dan mempunyai sejarah yang panjang, dan olahraga gulat sudah menjadi olahraga olimpik lebih dari 100 tahun.

Pembagian Gulat Menurut Umur

Pembagian Olahraga gulat menurut umur pegulat:

  • Gulat Mini: 6 - 12 tahun
  • Gulat Anak: 13 - 16 tahun
  • Gulat Junior: 17 - 20 tahun
  • Gulat Senior: 20 tahun keatas


Peraturan lainnya:
  1. Pertandingan olahraga gulat dilakukan di atas matras berukuran 12 x 12 meter sesuai dengan peraturan gulat Internasional dari Fila yang sudah disahkan oleh PP. PGSI. 
  2. Selama bertanding pegulat harus memakai baju gulat Internasional (Wrestling Suit) sesuai dengan warna dari sudut mana dia berada, biru atau merah. 
  3. Wasit berada di antara kedua pegulat di lingkaran tengah untuk melakukan aba-aba, pada waktu pegulat tinggal diam beberapa saat maka wasit berteriak “buka” agar daerah serangan dibuka untuk memberi kesempatan pada pejuang yang melakukan serangan.
  4. Untuk perintah melakukan serangan, wasit berteriak "tindakan" dan "kontak". 
  5. Jika pegulat tidak melaksanakan perintah wasit, maka wasit akan menghentikan pertandingan dan memberikan peringatan.
  6. Pada Olimpiade tahun 1964 di Tokyo, Jepang, waktu pertandingan menjadi 3 x 3 menit jatuhan, sebelumnya pertandingan berlangsung selama 12 menit, dan pegulat dinyatakan kalah jatuhan bila pundaknya mengenai lantai dalam hitungan 10 (sepuluh).