Cara Mendapatkan Poin Dalam Permainan Petanque

Orang bermain olahraga ini dengan cara membungkuk untuk mengukur poin. Skor dihitung sampai 13 poin, siapa saja regu yang pertama mendapatkan poin 13 dialah yang menang. 

Permainan petanque berupaya mendekatkan bola besi ke bola kecil yang berjarak enam meter. Cara melempar bola besi ini juga memiliki aturan. Olahraga ini dipertandingkan dalam kategori dua lawan dua, setiap peserta mendapatkan jatah tiga kali lempar. sehingga, enam bola yang usai dilempar berada di dalam arena.
Bola Petanque
Pihak lawan yang mengambil jatah lempar berupaya menjauhkan enam bola tersebut dari bola kecil. Lalu, pihak lawan mencoba menggeser bola lain.

Petanque dapat dimainkan satu lawan satu, dua lawan dua, dan tiga lawan tiga. Tiap pemain memegang tiga Bola kecuali main tiga lawan tiga  bolanya dua.

Permainan Pentaque diawali dengan “Tos”, pemenang tos dipersilahkan melempar boke dari dalam lingkaran yang disimpan disalah satu sisi lapangan dengan jarak lemparan minimal 6 meter maksimal 10  meter, diberi kesempatan 3x apabila belum memenuhi jarak tersebut atu gagal. lawan yang melakukan lemparan.

Setelah boke (bola kecil) dilempar, selanjutnya pemenang undian melempar Boule ( Bola besar) sedekat mungkin ke boke. Selanjutnya giliran lawan  melempar, bisa mengarah semakin dekat ke boke atau bisa mengenai bola lawan hingga jauh.

Regu yang paling jauh boge nya ke boke, itu yang main terus sampai habis atau sampai lebih dekat boge kita dari lawan.  Skor dihitung sampai 13 poin, siapa saja regu yang pertama mendapatkan poin 13 dialah yang menang. 

Sementara untuk satu lawan satu, setiap peserta mencoba mengenai tiga bola yang dikurung dalam satu lingkaran. Setiap satu bola yang keluar mendapatkan poin tiga. Setiap atlet yang melempar berada di dalam lingkaran.