Cara Bermain Kriket Untuk Pemula

Kriket adalah sebuah olahraga tim yang dimainkan antara dua kelompok yang masing-masing terdiri dari sebelas orang. Kriket merupakan permainan yang menggunakan pemukul ("bat") dan bola. Tujuan permainan adalah untuk mencetak lebih banyak run (angka) dibandingkan tim lainnya. Permainan kriket dapat berlangsung hingga lima hari dan dapat berlangsung enam jam atau lebih setiap harinya.

Kriket

Dalam Olahraga Kriket terdapat lima bagian yang masing-masing memiliki tugas dan peran yang berbeda, Kelima bagian tersebut adalah:
  1. Melempar bola (bowling)
  2. Memukul bola (batting)
  3. Menjaga (fielding)
  4. Menangkap (catching)
  5. Penjaga stump (wicket keeper)

Cara Memainkan Kriket
  1. Saat pertandingan dimulai, tim penjaga masuk ke dalam lapangan, kemudian disusul dua pemukul masuk ke lapangan.
  2. Kedua pemukul berdiri di depan stump masing-masing yang berada di atas lapangan atau pitch. Posisi kedua pemukul saling berseberangan.
  3. Pemukul pertama siap memukul bola dan pemukul kedua siap untuk lari ke ujung stump lain, yaitu ke arah pemukul pertama. Kemudian, berlari kembali jika bola belum diambil oleh regu fielding.
  4. Apabila salah satu pemukul mati, maka digantikan oleh pemukul lainnya dan begitu seterusnya. Pemukul yang sudah mati tidak bisa memukul lagi.
  5. Tiap-tiap pemukul berusaha memukul bola sebanyak mungkin untuk mengumpulkan nilai sebanyak-banyaknya.
  6. Setelah itu, tim A dan tim B bertukar posisi. Tim B menjaga bola dan tim A memukul bola.
  7. Apabila salah satu tim memperoleh nilai lebih tinggi daripada tim lainnya, maka tim tersebut dikatakan menang selama perpindahan (over) yang ada.
  8. Namun, apabila tim A memukul bola dan semua pemukul mati/out sebelum over ditentukan habis, maka permainan selesai dan bertukar posisi.
  9. Tim B memukul dan mengejar nilai yang dikumpulkan tim A untuk memenangkan pertandingan.