4 Jenis Loncatan Dalam Loncat Indah

Loncat indah adalah olahraga yang pertama kali ditemukan di Eropa dan mulai menjadi olahraga kompetisi di Inggris pada tahun 1905. Loncat indah merupakan perpaduan gerakan akrobatik di udara dan loncatan.

Pada dasarnya loncat indah terdiri dari loncatan yang dimulai dari langkah take off atau pantulan take off kemudian masuk ke air.

Penggunaan papan loncat adalah kombinasi dari gerakan saat di udara setelah take off dan sebelum masuk ke air. Setiap jenis loncatan memiliki kekhususan dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Dalam Lancat Indah dikenal Empat Teknik Dasar Loncatan yaitu:
  1. Forward (Loncat ke Depan)
  2. Backward (Loncat ke Belakang)
  3. Loncat Berbalik (Reverse)
  4. Inward (Loncat ke Dalam)
Loncat Indah

1. Loncat ke Depan (Forward)

Jenis loncatan ini diawali dengan tubuh menghadap ke air. Saat tubuh dalam posisi meIayang, lengan digerakkan ke sisi dengan gerakan yang anggun dan mulus seperti sayap, kemudian dirapatkan untuk persiapan masuk ke air.

Gerakan-gerakan yang biasa dilakukan pada loncatan forward, yaitu salto ke depan, 1 ½ salto ke depan, 2 salto ke depan, 2 ½ salto ke depan, 3 salto ke depan, 3½ salto ke depan, 4 ½  salto ke depan, salto molayang ke depan, 1 ½  salto melayang ke depan, 2 salto melayang ke depan, dan 2½ salto melayang ke depan.


2. Loncat ke Belakang (Backward)

Untuk jenis lompatan ke belakang), pertama-tama posisi badan membelakangi kolam, loncatan dilakukan dari papan tolakan lurus ke atas kemudian dilanjutkan dengan gerakan senam (salto dan lain-lain).

Gerakan-gerakan yang biasa dilakukan pada loncatan backward, yaitu loncatan ke belakang, salto ke belakang, 1½ salto ke belakang, 2 salto ke belakang, 2½ salto ke belakang, 3 ½ salto ke belakang, dan salto melayang ke belakang.


3. Loncat Berbalik (Reverse)

Sedangkan untuk Lompat berbalik, diawali dengan memposisikan badan menghadap ke air. Pada saat meloncat, kaki diangkat sehingga saat badan akan masuk ke air, posisi punggung menghadap ke air.

Gerakan ini meliputi loncatan kontra, salto kontra, 1½ salto kontra. 2 ½  salto kontra, 3 ½  salto kontra, salto melayang kontra, dan 1 ½  salto melayang kontra.


4. Loncat ke Dalam (Inward)

Inward adalah jenis lompatan yang diawali dengan punggung menghadap ke air. Akan tetapi, setelah melakukan tolakan vertikal, pinggul dan kaki terangkat sehingga peloncat akan masuk ke air dengan wajah yang menghadap ke permukaan air.

Gerakannya meliputi loncatan ke dalam, salto ke dalam, 2 salto ke dalam, 2 ½  salto ke dalam, 3 ½  salto ke dalam, salto melayang ke dalam, dan 1½ salto melayang ke dalam.

4 jenis loncatan dalam loncat indah, kriteria lompat indah, sebutkan jenis loncatan pada loncat indah, lomba loncat indah, teknik loncat indah yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah, ppt loncat indah, olahraga loncat indah yang dinilai adalah, peraturan loncat indah