Sejarah Loncat Indah di Dunia

Olahraga loncat indah dikenal dalam bahasa Inggris dengan sebutan Funcy Diving.
Loncat indah adalah olahraga yang pertama kali ditemukan di Eropa dan mulai menjadi olahraga ompetisi di Inggris pada tahun 1905.

Loncat indah merupakan perpaduan gerakan akrobatik di udara dan loncatan. Pada dasarnya loncat indah terdiri dari loncatan yang dimulai dari langkah take off atau pantulan take off kemudian masuk ke air. Penggunaan papan loncat adalah kombinasi dari gerakan saat di udara setelah take off dan sebelum masuk ke air.

Aspek yang menjadi penilaian adalah keindahan dan ketepatan dari suatu gerakan. Gerakan-gerakan inilah yang menyerupai senam seperti salto kedepan, salto kebelakang, salto kontra, salto kedalam, skrup serta gabungan antara salto dan skrup.


Sejarah

Loncat Indah
Sejak awal abad ke-19 para pesenam di Jerman dan Swedia sudah melakukan metode menyelam kedalam air. Soft landing diperbolehkan untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik saat melakukan senam diudara yang bisa diperoleh dari hasil lompatan pada jarak yang jauh. Tradisi seperti ini disebut dengan “Funcy Diving”, ketika renang pada umumnya disebut dengan “plain diving”

Di Inggris, praktik menyelam dari ketinggian menjadi populer. Pada tahun 1893, stage untuk funcy diving didirikan pertamakali di Highgate Ponds dengan ketinggian mencapai 15 kaki. Dan kejuaraan dunia pertama yaitu National Graceful Diving Competition diadakan disana, yang diselenggarakan oleh Royal Life Saving Society di tahun 1895. Acara ini terdiri dari berdiri dan berjalan penyelaman baik dari 15 atau 30 kaki.

Pada acara inilah tradisi Swedia fancy diving diperkenalkan sebagai salah satu olahraga oleh atlet Otto Hagborg dan C F Mauritzi. Mereka menunjukkan teknik akrobatik mereka dari papan setinggi 10 m kemudian menyelam di kolam Highgate. Pertunjukan ini kemudian merangsang pembentukan Asosiasi Diving Amatir (Amateur Diving Association)  pada tahun 1901, adalah merupakan organisasi pertama yang ditujukan untuk fancy diving di dunia (kemudian digabung dengan Asosiasi Renang Amatir)

Plain Diving telah diperkenalkan pada olimpiade pada tahun 1904. Pada tahun 1908, fancy diving mulai diperkenalkan di olimpiade yang diselenggarakan di London, dan dikenalkan pula papan elastik. Pada tahun 1912 di Olimpiade di Stockholm, atlet wanita diizikan untuk berpartisipasi dalam kejuaraan menyelam.

Kemudian pada tahun 1928, plain diving dan funcy diving digabung menjadi satu event ‘Highboard Diving’. Acara menyelam pertama kali diadakan di dalam ruangan di tahun 1934  bertempat di Kekaisaran Renang untuk British Empire Games dan Olimpiade Musim Panas 1948 di London.


Sumber: