Tata Cara Pertandingan Bola Tangan

handball
Sebelum pertandingan dimulai, sebaiknya setiap pemain ataupun wasit mengetahui hal-hal apa saja yang perludiperhatika. Berikut ini tata cara pertandingan bola tangan pada saat bertanding:
  1. Dalam permainan olahraga bola tangan, tiap regu terdiri dari 12 pemain.
  2. Dalam suatu pertandingan setiap regunya paling sedikit harus ada 8 orang pemain sampai akhir waktu bermain, jumlah ini dapat ditambah sampai dengan 11 pemain. Jadi banyaknya pemain suatu ragu dalam pertandingan menjadi kurang dari 8, maka permainan diteruskan.
  3. Apabila salah satu regu tidak memenuhi jumlah pemain maka wasit dapat mengakhiri pertandingan.
  4. Permainan bola tangan dimainkan oleh regu masing-masing regu terdiri dari 7 pemain yang berada dilapangan.
  5. Setiap pemain yang memasuki dan meninggalkan lapangan permainan di saat pertandingan berlangsung, harus seizin wasit. lemparan bebas  dapat dijalankan pada tempat dimana pemain itu dengan aktif mencampuri permainan, atau ditempat yang ditinggalkannya. Seorang pemain yang meninggalkan lapangan permainan dengan kelakuan tidak sportif, tidak diperkenankan kembali bermain untuk sisa  waktu permainan.
  6. Pemain suatu regu yang ada di dalam lapangan harus berpakaian seragam, sedangkan penjaga gawang harus dapat membedakan dirinya dengan jelas dari pemain-pemain lainnya.
  7. Jika para pemain memiliko nomor punggung 1-11, maka penjaga gawang diberi no 1. Nomor harus berukuran tinggi kira-kira 20 cm dan terlihat jelas pada pakaian. 
  8. Setiap pemain harus bersepatu dan berseragam serta bernomor punggung/ dada. 
  9. Pemain dilarang memakai sepatu spikes, sepatu dop yang tajam, sepatu dengan kait, gelang tangan, arloji tangan, cincin, dan kacamata tidak bermontur.
  10. Wasit harus memeriksa seluruh pemain sebelum permainan di mulai. Segala hal yang melanggar peraturan maka harus deperbaiki karena bila tidak begitu maka pemain tidak diijinkan untuk ikut dalam pertandingan.

Aturan lainnya: