Sejarah Singkat Bola Tangan (handball)

Bola Tangan (handball)
Bukti telah lamanya olahraga permainan bola tangan adalah bahwa perempuan Romawi kuno telah memainkan versi handball dengan sebuta expulsim ludere. Ada catatan dari permainan seperti handball di abad pertengahan di Perancis, di antara Inuit di Greenland. Pada abad ke-19, ada permainan serupa seperti håndbold dari Denmark, házená di Republik Ceko, hádzaná di Slovakia, handbol di Ukraina, dan torball di Jerman.

Permainan tim handball saat ini telah dikodifikasikan pada akhir abad ke-19 di utara Eropa -primarily di Denmark, Jerman, Norwegia dan Swedia. Set tertulis pertama dari aturan tim handball diterbitkan pada tahun 1906 oleh guru olahraga Denmark, letnan dan peraih medali Olimpiade Holger Nielsen dari sekolah dasar utara Ordrup dari Copenhagen, Jerman. Aturan modern diterbitkan pada tanggal 29 Oktober 1917 oleh Max Heiser, Karl Schelenz, dan Erich Konigh dari Jerman. Setelah tahun 1919 aturan ini ditingkatkan oleh Karl Schelenz. Permainan internasional pertama yang bermain di bawah aturan-aturan ini, antara Jerman dan Belgia untuk pria pada tahun 1925 dan antara Jerman dan Austria untuk perempuan pada tahun 1930.

Pada tahun 1926, Kongres Amatir Federasi Atletik Internasional menominasikan sebuah komite untuk menyusun aturan internasional untuk bola tanga (handball). The International Amateur Handball Federation (IAHF) dibentuk pada tahun 1928, dan International Handball Federation (IHF) dibentuk pada tahun 1946.

Permainan bola tangan pria dimainkan di Olimpiade Berlin tahun 1936. Selama beberapa dekade berikutnya, permainan bola tangan dalam ruangan berkembang dan berevolusi di negara-negara Skandinavia. Olahraga ini kembali muncul ke panggung dunia sebagai tim bolatangan untuk Olimpiade 1972 di Munich. Tim bola tangan perempuan ditambahkan pada Olimpiade 1976 di Montreal. Karena popularitasnya di kawasan itu, negara-negara Eropa Timur menyempurnakan acara menjadi kekuatan dominan dalam olahraga ketika diperkenalkan kembali.

The International Handball Federation menyelenggarakan kejuaraan dunia laki-laki pada tahun 1938 dan setiap empat (kadang-kadang tiga) tahun dari Perang Dunia II untuk tahun 1995. Sejak kejuaraan 1995 dunia di Islandia, kompetisi dilakukan setiap dua tahun. Kejuaraan dunia perempuan telah dimainkan sejak tahun 1957. IHF juga menyelenggarakan kejuaraan dunia perempuan dan junior laki-laki. Pada bulan Juli 2009, IHF mencatat 166 anggota federasi - sekitar 795.000 tim dan 19 juta pemain. (Sumber: Wikipedia)