Sejarah Lompat Jangkit

Mantan pemegang rekor dunia Willie Banks .
Mantan pemegang rekor dunia, Willie Banks
Lompat jangkit adalah lompat yang menggunakan lompatan tiga kali yaitu jingkat (hop), langkah (step), lompat (jump) atau jingkat-lompat-lompat. Pengertian lompat jangkit seperti ini karena Lompat jangkit atau sering disebut juga lompat tiga, hal ini karena lompat jangkit terdiri dari tiga lompatan jangkit, langkah dan lompat. Ada tiga tipe dalam lompat jangkit, yaitu pelompat datar, terjal, dan pelompat alamiah.


Sejarah Lompat Jangkit

Lompat Jangkit atau lompat tiga melibatkan tiga varian melompat satu demi satu, berakar pada Olimpiade Yunani Kuno, dengan catatan yang menunjukkan para atlet mencapai jarak lebih dari 50 kaki (15,24 m).

Hal ini menyebabkan sejarawan olahraga menyimpulkan bahwa hal tersebut merupakan serangkaian lompatan, sehingga memberikan dasar untuk lompat ganda. Namun, tidak ada bukti untuk lompat ganda yang termasuk dalam Olimpiade kuno. Diperkirakan juga bahwa jarak yang luar biasa dicatat adalah karena lisensi artistik penulis puisi kemenangan, daripada upaya untuk melaporkan hasil yang akurat.

Lompat ganda adalah bagian dari Olimpiade modern perdana di Athena, meskipun pada saat itu terdiri dari dua hop di kaki yang sama dan kemudian melompat. Bahkan, yang pertama menjuarai Olimpiade modern, James Connolly, adalah triple jumper. Awal Olimpiade juga termasuk lompat ganda berdiri, meskipun ini telah dihapus dari program Olimpiade dan jarang dilakukan dalam kompetisi saat ini. Lompat ganda perempuan diperkenalkan dalam Olimpiade Atlanta pada tahun 1996.

Dalam mitologi Irlandia geal-ruith (triple jump), adalah sebuah acara memperebutkan dalam Irlandia kuno Tailteann Game, awal 1829 SM.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Triple_jump


Artikel yang berhubungan dengan lompat jangkit