Teknik Menggunakan Busur Panah Horsebow

Busur Horsebow adalah istilah umum genre busur yang secara tradisi biasa digunakan sambil menunggang kuda dengan performa yang paling optimal, karena ada busur lain yang juga bisa digunakan di atas kuda namun tidak optimal. Busur horsebow ditandai dengan ukurannya yang relatif pendek, walau ada juga yang panjang, serta berbahan komposit: kayu/bambu, tanduk dan otot/sinew, dan terdiri dari 3 bagian utama yaitu: gagang, dustar (lengan yang dapat melengkung ketika busur ditarik) dan siyah (segmen kaku di ujung-ujung busur tempat mengaitkan tali busur). Serta disebut dengan busur reflex, karena busur ini umumnya berbentuk huruf C ketika belum dipasangkan tali, dan harus diregangkan untuk dipasangkan tali hingga menjadi bentuk lain yang didalamnya telah tersimpan energi potential pegas yang besar.

Baca selengkapnya: "Bagian-bagian Busur Panah Horsebow dan Fungsinya"

Horsebow adalah bagian dari sejarah Muslim. Dan kini, para pencintanya sedang menghidupkan lagi sejarah yang terputus tersebut. Menggali-gali lagi ilmu-ilmunya yang telah lama terkubur. Memunculkan kembali keanggunan busur horsebow dan menumbuhkan kembali kekuatannya ketika menaklukkan dunia hingga lebih dari 1000tahun!

Horsebow berbentuk mungil, unik, ringan, kuat, dan powerful. Busur ini bisa dengan cepat menembakkan banyak anak panah dalam hitungan detik.


Cara Menggunakan Busur Panah Horsebow:

1. Siapkan peralatan memanah: Busur Horsebow (Gunakan busur yang nyaman untuk anda), anak panah (gunakan anak panah yang sesuai, baik panjangnya, maupun ukurannya.), tas anak panah, dan sarung tangan.

2. Berdiri menyamping arah sasaran.

Cara berdiri memanah

3. Ambil anak panah kemudian tangkap dengan tangan kiri, letakkan ujung anak panah di atas jempol.

Memasukkan tali busur ke dalam nouk anak panah

4. Pastikan tali busur (string) masuk ke bagian belakang (nouk / ekor) anak panah.

Meletakkan ujung anak panah di atas jempol kiri


5. Tarik tali string sekalian anak panah, usahakan sampai ke pipi, janggut / dagu, rahang.

Menarik ta;li busur panah Horsebow

6. Bidik sasaran, lalu lepaskan anak panah.

Melepas anak panah setelah dibidik

Sumber: http://www.sunnahmemanah.com