Pengertian Olahraga Dayung

Mendayung merupakan sebuah olahraga yang menggunakan dayung dan berlangsung di atas sungai, danau, dan laut. Dalam teknik mendayung dengan Perahu hanya dikenal dua macam kayuhan yaitu dayung maju dan dayung mundur. Jika menginginkan perahu bergerak kedepan maka digunakan dayung maju sedangkan dayung mundur untuk menghentikan perahu yang sedang bergerak maju atau memang menginginkan perahu bergerak mundur. Jika ingin membelokkan perahu ke kanan maka tangan kiri mendayung maju dan tangan kanan mendayung mundur,dan sebaliknya jika ingin membelok ke kiri.

Ada 2 jenis olahraga dayung, yaitu Rowing dan Canoeing (kayak dan kano). Ada juga kategori tradisional yang menggunakan perahu naga (dragonboat). Olahraga dayung biasanya dilakukan di danau, waduk, atau situ.

Canoeing

Rowing

Rowing adalah nomor olahraga dayung dengan perahunya yang sudah seimbang dan dilengkapi dayung. Perahu rowing ini berjalan mundur. Ada dua jenis nomor Rowing yang biasanya diperlombakan, yaitu Scull dan Sweep. Nomor Scull ada yang terdiri dari 1 orang, 2 orang, 4 orang, dan 8 orang.

Perahu rowing scull menggunakan 2 dayung yang memiliki ukuran panjang dan lebar sama rata. Masing-masing pedayung memegang kedua dayung tersebut.


Canoeing


Canoeing  adalah nomor olahraga dayung yang memiliki tingkat kesulitan sendiri karena belum dalam keadaan seimbang, sehingga mengharuskan pedayung yang mengikuti nomor ini berlatih agar dapat menyeimbangkan perahu ini. Ada 2 jenis nomor canoeing yang cukup dikenal, yaitu kayak dan kano.

Nomor kayak yang di pertandingkan biasanya terdiri dari 1 orang, 2 orang dan 4 orang. Sementara nomor kano yang di pertandingkan biasanya terdiri dari 1 orang dan 2 orang.

Pedayung yang mengikuti nomor kayak masing-masing akan diberi satu dayung yang mempunyai 2 bagian melebar di sisi kanan dan kiri. sementara di nomor kano, pedayung akan diberi masing-masing 1 dayung yang hanya memiliki 1 bagian melebar.

Sumber: http://dayungolahraga.blogspot.co.id/

Aturan lainnya: