Peraturan Permainan Softball Lengkap

Sarung tangan Softball
Dalam setiap pertandingan olahraga tentu terdapat suatu peraturan. Seperti pada olahraga permainan Sofbol ini yang meliputi: peraturan tentang perlengkapan, peraturan alat, dan peraturan permainan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.


Lapangan Softball

Lapangan softball berbentuk bujur sangkar.  Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel: "Gambar, Bentuk, Ukuran Lapangan Permainan Softball Beserta Keterangannya"


Perlengkapan permainan

Setiap pemain harus memakai kostum dengan ketentuan di depan baju ditulis nama daerah dan di belakang nomor punggung. Untuk lebih jelasnya silahkan baca: "Peralatan Permainan Softball dan Fungsinya"


Jumlah pemain

Jumlah pemain softball setiap regunya ada 9 orang yang dipimpin oleh seorang kapten regu dengan susunan pemain: 1 orang pitcher’s; 2 orang catcher’s; 3,4,5 base man; 6 shortstop, short fielder; 7,8,9 left fielder, middle fielder, dan right fielder.


Lama Pertandingan

Lamanya pertandingan softball ditentukan oleh inning yaitu 7 inning. Pengertian 1 inning adalah setiap regu bermain 1 kali giliran memukul dan 1 kali menjadi regu penjaga.


Wasit (Umpire)

Dalam permainan softball terdapat wasit yang biasa disebut Umpire .Selengkapnya: "Jumlah dan Fungsi Wasit Pada Pertandingan Softball"


Cara bermain
  • Untuk regu yang mendapat giliran untuk memukul, maka setiap pemain mendapat kesempatan 3 kali memukul. Dengan ketentuan bila pukulan pertama dan kedua strike maka pemain yang bersangkutan harus lari.
  • Urutan pemukul ditentukan oleh nomor urut yang telah ditentukan sebelum bermain
  • Pemukul yang pertama tidak boleh dilalui pemukul yang kedua, pemukul kedua tidak boleh dilalui pemukul ketiga, dan seterusnya
  • Setiap base hanya boleh diisi oleh satu orang pemain.
  • Pada waktu bola dalam permainan, bebas mengadakan gerakan kecuali bila pitcher sudah siap untuk melemparkan bola kepada pemukul.
  • Pada waktu akan ditick, pelari tidak boleh menghindari berlari ke luar atau ke dalam lebih dari batas.
Selengkapnya: "Cara Bermain Softball Yang Baik dan Bemnar"

Strike

Dalam permainan softball, strike dihitung apabila:
  • Saat dipukul, bola kena atau tidak kena
  • Lemparan baik, walaupun bola tidak dipukul
  • Bola yang dipukul meleset keluar, bila pukulan yang meleset itu melambung dan tertangkap oleh si penjaga, maka pemukul itu langsung mati.

Lari Bebas

Lari bebas diberikan apabila:
  • Pitcher’s melemparkan bola 4 kali salah
  • Si pemukul dihalang-halangi pada waktu akan menuju base
  • Bila semua base terisi, sedangkan si pemukul telah empat kali tidak memukul karena pitcher melemparkan bola salah terus.

Cara Mematikan Dan Tukar Tempat

Cara mematikan dapat dilakukan dengan cara ditick sebelum pelari mengenai base. Pada waktu men-tick bola tidak boleh dilepaskan atau terlepas dari tangan. Kecuali dalam keadaan lari cukup dengan membakar base, yaitu sambil memegang bola, menginjak base yang dituju pelari. Bertukar tempat dilakukan setelah tiga kali mati.

Pemain dikatakan mati apabila:
  • Pemain pemukul tidak dapat memukul bola sebanyak tiga kali, dan cachter dapat menangkap bola yang dilempar Pitcher sebelum bola jatuh maka pemukul dinyatakan mati.
  • Catch ball/Fly Out terjadi apabila bola yang dipukul dapat ditangkap oleh regu penjaga sebalum bola menyentuh tanah, jika terjadi Fly Out maka pelari tidak bolah berlari ke base salanjutnya dan apabila berlari maka dinyatakan Out.
  • Dapat ditick apabila tidak menginjak Base.

Pembantu

Dari masing-masing regu mempunyai dua orang pembantu yang berpakaian serangam dengan regunya. Kedua pembantu itu kerjanya memberi petunjuk kepada pemukul dan pelari base. Tempatnya di tempat pembantu yaitu satu orang di sebelah kiri dan satu orang lagi di sebelah kanan.


Cara Memperoleh Nilai
  • Setiap pelari dengan pukulan baik dan dapat kembali dengan selamat mendapat nilai satu.
  • Setiap pelari yang menuju base harus ada pada base atau menginjak base, tidak boleh lewat begitu saja. Jika dilewati maka boleh di-tick . Hanya pada base pertama boleh lewat. Tetapi tidak berpura-pura, maksudnya untuk bisa lewat di base yang kedua.
  • Jika ada bola yang ditangkap dari hasil pukulan, maka si pemukul dinyatakan mati. Para pelari masing-masing kembali ke basenya dengan cepat agar basenya tidak dibakar oleh penjaga
  • Pelari yang kembali dapat dimatikan.
  • Pelari yang sudah dimatikan tidak dapat melanjutkan perjalanannya.
Jika memukul dan dapat kembali ke home base dapat selamat, maka ia mendpat nilai 6 dan setiap base lawannya mendapat nilai satu.

Peraturan Khusus
  1. Apabila pada salah satu pertandingan berakhir dengan hasil sama (tie) setelah pertandingan berjalan 7 inning, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan menambah inning.
  2. Tim yang tidak bersedia atau menolak bermain pada waktu yang telah ditentukan dalam acara pertandingan (play ball) maka tim tersebut dinyatakan kalah dengan angka 0-15.
  3. Time out diberikan hanya satu kali kepada setiap tim yang bertanding untuk setiap inning, masing-masing selama 1 menit.
  4. Pergantian pemain dapat dilakukan oleh setiap regu kapan saja dengan melapor kepada umpire home dan scorer.
  5. Jika Pitcher Sudah melakuka Touch ball (siap Untuk melempar) maka pitcher tidak boleh melepaskan touchballnya dan tidak ada gerakan lain, kecuali melempar bola ke catcher. Dalam gerakan Pitching tidak boleh ada gerakan yang diulang-ulang, jika terjadi hal-hal seperti itu, Umpire akan memberikan Peringatan dan jika terjadi lagi maka akan diberi hukuman (box).
  6. Hukuman bisa berupa freewalk bagi pemain lawan.
  7. Jika lemparan pitcher menganai tubuh pemukul maka pemukul akan dinyatakan free walk (jalan bebas).


Peraturan lainnya:
  1. Apabila pertandingan telah berjalan 7 inning dan skor imbang (Tie) maka pertandingan akan dilanjutkan dengan menambah Inning.
  2. Tim yang menolak bermain pada waktu yang telah ditentukan dalam pertandingan (Play Ball) maka tim tersebut dinyatakan kalah dengan skor 15-0.
  3. Setiap Inning hanya diberikan satu kali Time Out dengan waktu setiap Time Out adalah selama 1 Menit.
  4. Pergantian pemain dapat dilakukan kapan saja akan tetapi harus melapor kepada wasit yang bertugas memimpin pertandingan.
  5. Jika lemparan pitcher mengenai badan pemukul maka pemukul dinyatakan Free Walk.

Aturan lainnya: