Peralatan Permainan Softball dan Fungsinya

Seorang pemain Sofbol atau sebuah tim Softball hendaknya memiliki peralatan, perlengkapan,  atau sarana dan prasarana untuk menunjang permainan guna memperoleh permainan yang maksimal. Semua peralatan dan perlengkapan itu adalah wajib bagi setiap tim dalam melaksanakan pertandingan resmi.

Bukan saja bola, namun permainan ini memiliki beberapa peralatan yang akan diterangkan di bawah ini:


Lapangan

Lapangan sofbol berbentuk bujur sangkar. Dibagi menjadi dua daerah yakni daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory). Lebih jauh dalam daerah fair terbagi menjadi dua bagian, bagian dalam (Infield), dan bagian luar (outfield). (Baca selengkapnya di sini: "Gambar, Bentuk, Ukuran Lapangan Permainan Softball Beserta Keterangannya")


Bola

Sofbol menggunakan bola berwarna kuning dengan benang grip berwarna merah, yang sebelumnya berwarna putih dengan grip putih. Bahan bola softball terbuat dari kulit atau yang sejenisnya berukuran berat 190 gram.


Sarung tangan (glove)

Sarung tangan (glove dan Mett)
Sarung tangan (glove dan Mitt)
Sarung tangan (glove) dikenakan oleh seluruh pemain bertahan untuk menangkap bola, sementara first baseman dan penangkap bola mengenakan mitt (glove mempunyai jari, sedangkan mitt tidak).

Glove semacam sarung tangan yang terbuat dari kulit agak tebal dengan ukuran 284 gram. Digunakan untuk pemain penjaga. Sedangkan bagi penjaga home base (catcher) selain memakai glove juga mengunakan alat pelindung


Tongkat pemukul (bat)

Tongkat pemukul (bat) yang digunakan dalam pertandingan resmi adalah bat khusus yang diperuntukkan untuk sofbol. Ketentuan pemakaian dan kharakteristik bat yang boleh digunakan tertuang dalam peraturan Federasi Sofbol Internasional.

Tongkat / Kayu pemukul (stick) terbuat dari kayu atau bahan yang sejenis berbentuk bulat panjang dengan bagian tempat pegangan lebih kecil. Ukuran stick softball adalah: Panjang stick 86,5 cm dan Tempat pegangan dibalut sepanjang 40 cm


Helm

Helm dipakai oleh seorang pemukul bola yang berguna untuk melindungi kepala seorang pemukul bola dari terjangan bola dan cedera.


Pakaian pelindung (protective gear) dan sepatu pool (cleats)

Pakaian pelindung (protective gear) dan sepatu pool (cleats)Pakaian pelindung (protective gear) dan sepatu pool (cleats)

Pakaian pelindung (protective gear) dan sepatu pool (cleats) dikenakan oleh seorang penangkap bola. Selain itu diperlukan pula Legguards Softball sebagai pelindung tulang kering pada kaki.


Seragam / Uniform

Seragam / Uniform Softball
Uniform atau seragam ini dipakai oleh setiap pemain yang terdiri dari: baju, celana, dan topi yang seragam atau berwarna dasar sama. Semakin tinggi tingkat pertandingannya, semakin ketat dalam peraturan seragamnya.

Berbagai Sumber

Aturan lainnya: