Isyarat Tangan Dalam Voli Pantai

Bola voli pantai
Permainan voli pantai memang asyik untuk dipelajari, meski dimainkan oleh dua orang pemain dalam satu timnya, namun olahraga yang sangat menguras tenaga ini sangatlah unik. Salah satu keunikan tersebut terletak pada isyarat tangan yang ditunjukkan oleh salah satu pemain ke teman mainnya. Dengan isarat tersebut maka satu tim dapat mengomunikasikan strategi apa yang harus dilakukan dalam melawan lawan mainnya.

Isyarat yang ditunjukkan tidak akan diketahui lawan mainnya karena isyarat tangan tersebut disembunyikan dibelakang badan. Adapun isyarat tangan tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Closed Fist, yakni isyarat tangan dengan memakai kepalan tangan. Hal ini berarti tak perlu dilakukan blocking pada sisi lapangan.
  • One Finger, merupakan isyarat agar pemain melakukan blocker pada bagian spike tim lawan dan mengarahkan block tersebut pada bawah garis atau juga ke arah spiker tim lawan mereka.
  • Two Fingers, yakni teknik isyarat tangan yang berarti blocker harus melakukan block ke arah sudut lapangan lawan biasanya dengan teknik menyilang.
  • Open Handa, merupakan isyarat tangan dalam voli pantai yang berarti sang blocker harus melakukan block sama seperti poisis set yang diterapkan oleh tim lawan mereka.

Aturan lainnya: