Sejarah Lengkap Senam Lantai di Dunia

Banyak sumber yang menyatakan bahwa olahraga senam lantai berasal dari Tiongkok. Senam maupun senam lantai menjadi salah satu olahraga tertua di dunia, karena olahraga ini sudah dilakukan oleh para biara di Tiongkok sejak tahun 2700 sebelum masehi. Benarkah demikian?  mari kita telaah lebih dalam...
Roper Gym, Philadelphia, sekitar tahun 1831
Roper Gym, Philadelphia, sekitar tahun 1831
China

Sejarah senam berasal dari negri Yunani, akan tetapi untuk senam lantai sendiri berawal dari negri tirai bambu, yaitu Cina. Para biara-biara Cina kuno sudah mengenal bentuk-bentuk sederhana dari gerakan senam lantai sejak tahun 2700 sebelum masehi.

Awalnya, para biarawan Cina kuno mengenal gerakan tersebut bukan sebagai gerakan senam lantai tetapi suatu gerakan untuk bela diri dan pengobatan. Ctatan peninggalan gerakan sederhana dalam senam lantai terdapat di dalam kitab warisan kong hu cu dan muridnya, kitab tersebut banyak menceritakan gerakan-gerakan sederhana yang bertujuan untuk pengobatan.


India

Ada yang mengatakan senam lantai juga berasal dari india, negara india memang telah lama terkenal dengan negara yang mempunyai gerakan khusus untuk pengobatan dan teknik pernafasan.

Salah satu teknik pengobatan yang banyak dihubungkan dengan gerakan senam lantai adalah yoga, apabila dilihat-lihat gerakan yoga mempunyai banyak kemiripan dengan gerakan yang ada di senam lantai. Salah satu gerakan yang mirip dengan gerakan yoga adalah gerakan kayang yang terdapat dalam yoga juga ada di dalam gerakan senam lantai.

Senam yoga menuntut kelenturan gerakan tubuh dan pengambilan nafas yang dinamis, hal tersebut banyak ditemukan dalam gerakan senam lantai modern pada masa sekarang. Dahulu orang india mempercayai gerakan yoga sebagai suatu gerakan yang dipercaya dapat menyembuhkan rasa sakit dan juga gerakan untuk memuja para dewa dalam kepercayaan yang mereka anut.


Mesir

Sejarah senam lantai juga bisa kita lihat pada piramida yang ada di mesir, banyak piramida-piramdia mesir yang menggambarkan dan menjelaskan tentang senam lantai. Piramida mesir menceritakan suatu gerakan yang dulu dilakukan oleh para nenek moyang mereka. Pada saat itu mereka menceritakan tentang kehidupan mereka dan di dalam cerita tersebut terdapat beberapa gerakan yang jika dilihat-lihat mirip dengan gerakan senam lantai, bahkan beberapa peneliti berpendapat dari gambar yang ada di peramida tersebut bahwa leluhur mereka mengenal gerakan-gerakan yang mirip dengan gerakan yoga di india juga gymnastic jerman kuno yang di dalamnya terdapat gerakan-gerakan sederhana yang ada di senam lantai.

Berdasarkan fakta-fakta yang telah dijelaskan di atas, memberikan kesimpulan bahwa olahraga senam lantai bukan olahraga yang baru ditemukan pada abad ke-20, namun sangat jauh sebelum itu. Pada dasarnya gerakan senam dari waktu ke waktu tidak jauh berbeda, akan tetapi seiring perkembangan zaman, gerakan senam mulai banyak dikembangkan dan dibagi kedalam berbagai jenis, salah satunya adalah senam lantai.