Peralatan yang Dibutuhan Dalam Olah Raga Ski Air

Ski air membutuhkan peralatan antara lain papan ski, tali penarik beserta peganggan, sarung tangan, pelampung, dan perahu penarik. Selain menggunakan papan ski, ski air juga dapat menggunakan pelampung atau dikenal dengan istilah tubing, pelampung ini juga digunakan sebagai sarana pembelajaran melatih keseimbangan bagi pemain pemula.

Peralatan yang dibutuhan dalam olah raga Ski Air:
  1. Kapal (perahu penarik) atau boat
  2. Tali penarik beserta peganggan atau disebut Handle
  3. Sarung tangan
  4. Papan
  5. Sepatu
  6. Helm
  7. Pelampung

1. Kapal (perahu penarik) atau boat

Kapal (perahu penarik) atau boat untuk ski air
Perahu penarik untuk ski air menggunakan perahu yang berkualitas baik. Perahu yang dikenal dengan boat tersebut berharga miliaran rupiah. Bahan bakarnya menggunakan bensin jenis pertamax.

Satu boat harganya bisa sampai satu setengah miliar. Boat untuk trick, slalom dan wakeboard berbeda-beda. Beda kelas, beda kapal. Untuk mengurus boat diperlukan mekanik khusus yang mengerti soal kapal.


2. Tali penarik beserta peganggan atau disebut Handle

Tali penarik beserta peganggan atau disebut Handle untuk ski air
Tali penarik (Towing Rope) tidaklah sembarangan, Tali yang digunakan khusus, dikeluarkan oleh badan PSAWI dunia, walaupun kecil sangat kuat untuk menarik.

Ukuran untuk tali penarik adalah diameter 10mm x panjang 23 m.
Bahan yang digunakan umumnya 100% bahan PE. Sementara, untuk Handle berbentuk setengah lingkarang.


3. Sarung tangan
Sarung tangan ski air

Sarung tangan untuk ski air biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan tidak licin.


4. Papan

papan ski air
Waterskiing atau ski air merupakan olahraga air di mana pemainnya meluncur di atas air dengan memanfaatkan papan yang ditarik oleh perahu.Untuk papan ski air singel, ukuran berat umumnya sekitar 1 0.0 kilogram. Sementara untuk ukuran papannya sendiri 134,2cm x 42,0cm.


5. Sepatu

sepatu Ski Air
Sepatu Ski Air umumnya adalah sepatu yang juga bisa dipakai untuk kegiatan selam, berjalan di pantai. Intinya memiliki sifat anti-slip, dapat melindungi kaki dari luka, tusukan, goresan, dan air dingin.


6. Helm

helem Ski Air
Helm untuk ski air adalah helm yang sama digunakan dalam olah raga kayak, kano, jet ski, berperahu, selancar, dan berlayar. Helm ski terbuat dari PC + EPS yang memiliki ketahanan benturan yang kuat, ringan sehingg dapat mengurangi beban bermain ski.


7. Pelampung
 Pelampung

ini adalah pe;lampung yang umum digunakan, baik untuk berenang, ski, air, ataupun bermain kano. Rompi pelampung keselamatan ini bahan Neoprene.