Arti Lambang Shorinji Kempo Internasional

Lambang kenshi internasional merupakan lambang organisasi Shorinji Kempo sedunia/internasional terbaru yang diberlakukan oleh WSKO (World Shorinji Kempo Organization) pada tahun 2004 dan wajib dipakai oleh oleh setiap kenshi di bagian dada sebelah kiri seragam kenshi (dogi) yang dipakainya. Dengan diberlakukannya lambang internasional ini maka lambang yang dipakai oleh setiap kenshi di seluruh dunia menjadi seragam, tidak membedakan negara dan/atau tingkatan KYU (Kyukenshi) atau DAN (Yudansha). [Sumber]

Manji telah digunakan untuk tanda Shorinji Kempo seperti yang digunakan dalam Buddhisme selama berabad-abad. Manji memiliki dua arti yang menjadi satu kesatuan yaitu kasih sayang (menghadap-kiri) dan kekuatan (menghadap-kanan) yang melambangkan ajaran Kongo-zen.

Namun, penyebaran Shorinji Kempo melalui World Shorinji Kempo Organization (WSKO), itu menjadi penghalang besar untuk digunakan. Dalam hal ini, WSKO telah menggunakan surat 拳 (ken) di pusat Tate-Manji (Manji dijaga oleh perisai) pada lambang atau menggunakan Nagare-Manji yang berarti bulat Manji.


Lambang baru [sumber]

Lambang Shorinji Kempo Internasional
Untuk menyeragamkan lambang Shorinji Kempo sedunia, pada 1 April 2005 World Shorinji Kempo Organization (WSKO) menetapkan lambang Shorinji Kempo yang baru. Tanda baru ini disebut so-en (lingkaran ganda) dan dikatakan bahwa ini adalah bentuk ekstrim dari sepasang Manji. Tanda so-en dikelola dan haknya dilindungi oleh Shorinji Kempo Grup.

Arti lambang Shorinji Kempo:
  • Dua lingkaran di tengah melambangkan diri sendiri dan orang lain, kekuatan dan kasih sayang, jiwa dan raga, surga dan neraka, positif dan negatif, yin dan yang
  • Empat perisai yang mengelilingi lingkaran melambangkan keyakinan bahwa kita harus melindungi dan membela kebenaran dan keadilan. 
  • Empat titik pada perisai melambangkan surga, neraka, yin dan yang

Dengan lambang yang baru tersebut maka Shorinji Kempo sedunia menggunakan lambang yang sama di dada kirinya, sedangkan di lengan kanan terpasang lambang organisasi Shorinji Kempo negaranya. Di lengan kiri terpasang badge dojonya atau daerah yang diwakilinya atau lambang Pelatih/Penguji.